KEBIJAKAN EDITORIAL

FOCUS AND SCOPE

Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan merupakan jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian   dari Dosen, Peneliti, Guru dan Mahasiswa  dari seluruh Indonesia.

Fokus dan ruang lingkup artikel yang diterbitkan oleh Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan adalah hasil penelitian dan kajian tentang : Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Dasar (S2 dan S3)), Pendidikan Karakter berbasis Pendidikan Agama dan PPKn, Pendidikan Non formal, Pendidikan Informal,  Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, dan  Pendidikan Kewirausahaan.

Prima Magistra  : Jurnal Ilmiah Kependidikan terbit  berkala dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan bulan Oktober.

SECTION POLICIES

Artikel

 Open Submissions

  Indexed

  Peer Reviewed

PEER REVIEW PROCESS

Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan  Akan melakukan  review terhadap semua artikel  mulai dari mengecek kemiripan naskah menggunakan software plagiasi sampai artikel tersebut siap diterbitkan. Cepat lambatnya memulai proses review bergantung pada kerjasama editor dan penulis. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut.  

  1. Penulis menyerahkan naskah artikel secara online dengan terlebih dahulu melakukan login ke system OJS.
  2. Setelah menerima naskah, editor akan mengecek plagiasi melalui software pendeteksi plagiat. Proses ini akan menentukan apakah naskah akan direview atau ditolak. Naskah yang akan direview akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki melalui OJS sesuai arahan editor.
  3. Penulis mengembalikan naskah yang telah diperbaiki kepada editor melalui OJS.
  4. Editor menyerahkan naskah kepada para reviewer dan hasilnya diserahkan kepada editor.
  5. Editor menyerahkan naskah hasil review kepada penulis untuk diperbaiki sesuai arahan reviewer. Setelah diperbaiki, penulis menyerahkan naskah kembali ke editor.
  6. Copy Editor memeriksa naskah agar sesuai dengan kebijakan dewan editorial.
  7. Proofreader memeriksa naskah agar sesuai dengan EYD.
  8. Layout Editor memeriksa naskah supaya sesuai template dan gaya selingkung
  9. Artikel  siap diterbitkan

Penulis dimohon untuk sering memantau perkembangan naskah dengan login ke  OJS dan merespon seluruh proses editorial sampai naskah diterbitkan.

OPEN ACCESS POLICY

Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan tersedia secara terbuka (open access)  yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan secara global. 

ARCHIVING

OJS sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisi dan mengizinkan perpustakaan itu untuk membuat arsip permanen jika tujuannya untuk preservasi dan restorasi. Lanjut...