Ungkapan Adat Poto Poret Ihin Dolo Masyarakat Desa Egon Gahar Kabupaten Sikka

Authors

  • Dominika Dhapa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores
  • Josephina N. Rupa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan bentuk ritual ungkapan adat Poto Poret Ihin Dolo pada masyarakat Desa Egon Gahar Kecamatan Mapitara Kabupaten Sikka. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode simak dengan teknik catat, rekam, dan teknik wawancara. Data kemudian dianalisis dengan cara mengklasifikasikan dan menyeleksi data tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Linguistik Kebudayaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upacara adat Poto Poret Ihin Dolo pada masyarakat Desa Egon Gahar Kecamatan Mapitara Kabupaten Sikkayang meliputi, bentuk kata benda (nomina), kata kerja (verba), kata ganti (pronomina), kata bilangan (numeralia), pengulangan (repetisi). Fungsi-fungsi ungkapan yang terdiri dari, fungsi sosial, fungsi budaya, fungsi religi (agama), dan, fungsi estetika. Makna ungkapan terdiri dari makna budaya, makna kebersamaan, makna simbol, dan makna kepatuhan.

Keywords:

poto poret ihin dolo, ritual, ungkapan adat

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, A. 2004. Sosiolinguistik. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Chaer. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisiketiga. Jakarta:BalaiPustaka.
Genua, Veronika. 2007. Teks Sodha dalam Ritual Joka Ju pada Masyarakat Ende Flores. (Tesis). Denpasar: Program Magister Linguistik Universitas Udayana.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.
Koentjaraningrat. 1985. Kebudayaan Mentalitas Pembangunan. Jakarta: Gramedia.
Kridalaksana.1993. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende: Nusa Indah.
Nababan, P. W. J. 1986. Sosiolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.
Paka, Adrianus. 2008. Bentuk dan Makna Ungkapan Adat Bahasa Lio, dalam Upacara Pire Te’u pada Masyarakat Lewobanga Desa Wataatu Timur Kecamatam Wewaria Kabupaten Ende. (Skripsi). Ende: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Univesitas Flores.
Pampe, Pius. 2008. Pemakaian Bahasa Manggarai dalam Kegiatan Keagamaan Katolik (Disertasi). Denpasar: Program DoktorLinguistik. UniversitasUndana.

Downloads

Published

2020-07-08

Issue

Section

Articles