Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI <p><strong>RETORIKA</strong> merupakan Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Flores, Ende. Jurnal dengan visi menjadi jurnal terakreditasi di bidang pembelajaran bahasa, sastra, dan pengajaran, mengemban tiga misi: (1) mendiseminasi ilmu pengetahuan dan berbagai kajian pembelajaran bahasa dan sastra, termasuk dalam konteks pemakaiannya yang lebih luas, (2) mengintensifkan saling tukar pengetahuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada segenap kaum cendikia dan terpelajar, dan (3) meningkatkan partisipasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan atau kajian pustaka. Jurnal <strong>RETORIKA</strong> terbit dua kali dalam setahun, yakni Juni dan Desember. Kehadiran jurnal ini diharapkan merangsang para peneliti, secara khusus di bidang bahasa dan sastra Indonesia untuk mendiseminasi berbagai pemikirannya dalam rangka memperkaya khazanah keilmuan. </p> en-US naradiring@gmail.com (Alexander Bala, S.Pd., M.Pd) retorikapbsiuniflor@gmail.com (Veronika Genua) Wed, 31 Jul 2024 21:53:32 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kemampuan Menulis Surat Resmi dan Surat Pribadi Dengan Metode Pembelajaran Komunikatif Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Rewarangga Ende Tahun Ajaran 2023/2024 http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4448 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan tentang kemampuan menulis surat resmi dan surat pribadi dengan metode pembelajaran komunikatif pada siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dalam bentuk angka-angka dan &nbsp;dianalisis secara kualitatif verbal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian ini adalah metode kuantitatif yang menggunakan teknik tes tertulis dan dokumentasi. Metode tes tertulis digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas VII SMP Swasta Rewarangga dalam &nbsp;menulis surat resmi dan surat pribadi dengan menggunakan metode pembelajaran komunikatif. Kelompok sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 21 orang siswa kelas VII&nbsp; SMP Swasta Rewarangga Ende. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat resmi dan surat pribadi tergolong baik.&nbsp; Kemampuan menulis surat resmi dengan rata-rata 80,52% dan surat pribadi dengan&nbsp; rata-rata&nbsp; adalah 81,23%.</p> Falentinus Bata, Angela Ratu Copyright (c) 2024 Vol.5 No. 1 (2024) Juni http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4448 Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0700 Kajian Feminisme dalam Antologi Cerpen Wasiat Kemuhar Karya Pion Ratulolly http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4573 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk men</em><em>deskripsikan bentuk ketidakadilan gender yang dialami tokoh perempuan </em><em>&nbsp;yang terdapat dalam </em><em>antologi</em> <em>C</em><em>erpen </em><em>W</em><em>asiat </em><em>K</em><em>emuhar karya Pion Ratulolly. </em><em>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif</em><em>. Data yang dikumpulkan berupa data tulis.</em><em> Sumber </em><em>&nbsp;Data </em><em>dalam penelitian ini adalah antologi cerpen W</em><em>asiat </em><em>K</em><em>emuhar karya Pion Ratulolly</em><em>. </em><em>Teknik</em><em> pengumpulan data </em><em>&nbsp;yang digunakan </em><em>dalam penelitian ini yaitu dengan&nbsp; teknik analisis dokumen. Dokumen yang digunakan yaitu dari naskah antologi cerpen wasiat kemuhar secara berulang-ulang kemudian mencatat data-data yang ada yaitu berkaitan struktur cerpen, dari struktur cerpen akan diulas. Selanjutnya peneliti mengolah dan menganalisis data berdasarkan teori untuk mengetahui bentuk dan makna feminisme</em><em>. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori feminisme</em><em>. </em><em>Hasil penelitian</em><em>, </em><em>menunjukan bahwa dalam </em><em>antologi</em> <em>C</em><em>erpen </em><em>W</em><em>asiat </em><em>K</em><em>emuhar terdapat bentuk</em><em>:(1) </em><em>feminisme kultural, </em><em>(2) </em><em>feminisme radikal, </em><em>(3) </em><em>feminisme liberal, </em><em>(4) </em><em>psikoanalitis feminisme</em><em>,</em><em> dan </em><em>(5) </em><em>feminisme sosial. Sedangkan makna da</em><em>lam</em> <em>antologi</em><em> cerpen </em><em>tersebut,</em><em> yakni</em><em>: (1) </em><em>makna kepatuhan, </em><em>(2) </em><em>makna kebersamaan, dan </em><em>(3) </em><em>makna kepasrahan</em><em>. </em><strong><em>cerpen, feminisme, bentuk, dan makna</em></strong></p> Kristoforus Joa Ja , Maria Magdalena Rini Copyright (c) 2024 Vol.5 No. 1 (2024) Juni http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4573 Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0700 Efektifitas Pemanfaatan Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SDI Wolowona 2 http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4619 <p>media <em>pop up </em>pada siswa kelas IV SDI Wolowona 2 tahun pembelajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Setelah data dikumpulkan selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Rikwan &amp; Akdon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV SDI Wolowona dengan menggunakan media <em>pop up</em> sangat&nbsp; baik dimana sebanyak 28 siswa berhasil mencapai KKM dan hanya 2 siswa yang tidak memenuhi KKM. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan mereka tergolong baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80,46%. Siswa yang mampu memperoleh nilai &gt; 75 dengan persentase 93,33% dengan predikat baik dan siswa yang tidak mampu memperoleh nilai &lt; 75 dengan persentase 6,67% dengan predikat cukup.</p> Maria Floriana Serlin Copyright (c) 0 http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4619 Wed, 26 Jun 2024 00:00:00 +0700 Nilai-Nilai Sosial dalam Cerpen “Menikahi Anjing” Karya Dicky Senda http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4629 <p>Artikel penelitian dengan judul Nilai-Nilai Sosial dalam Cerpen “Menikahi Anjing” Karya Dicky Senda. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan sosiologis pengarang, nilai-nilai sosial dalam karya sastra, dan sosiologis penerbit. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Data yang diambil berupa kalimat yang mengandung nilai sosial, informasi dan data lainnya yang berkaitan dengan aspek sosiologis pengarang, nilai-nilai sosial dalam cerpen, dan sosiologis penerbit. Buku kumpulan cerpen “Kanuku Leon” karya Dicky Senda sebagai sumber data. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah baca dan catat. Hasil penelitian sosiologi pengarang, nilai-nilai sosial karya sastra: bertegur sapa, kepedulian, tolong menolong dan kekerasan, dan sosiologi penerbit: mencetak, menerbitkan, dan menyebarluaskan. &nbsp;</p> Rosa Dalima Bunga , Hawiah Djumadin, Elisabeth Lasitania Tulit Samon Copyright (c) 0 http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/4629 Wed, 26 Jun 2024 00:00:00 +0700