Evaluasi Tingkat Pelayanan Jalan Pada Ruas Jalan Sam Ratulangi Di Kabupaten Ende

Authors

  • Thomas Aquino Arif Sidyn Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores
  • Kristoforus Yan Lowo Alumni Program Studi Teknik Sipil Universitas Flores

Abstract

Arus lalu lintas terlihat ramai pada pagi hari sepanjang ruas jalan Sam Ratulangi ketika para mahasiswa, pegawai dan dosen melakukan aktivitas perkuliahan, bekerja pada daerah permukiman dis sekitar ruas jalan ini. Adapun aktvitas perdagangan berupa toko dan kios yang berpengaruh terhadap hambatan samping. Lebar badan jalan kurang lebih 6 meter tanpa fasilitas pejalan kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan pada ruas jalan Sam Ratulangi saat ini, jangka pendek, menengah, dan panjang. Survey lalu lintas selama 3 hari dengan 3  periode waktu pagi, siang dan sore untuk mengetahui kondisi lauli lintas pada jam puncak. Metode analisis data menggunakan Manual Kapasitas Jalan (MKJI, 1997). Hasil penelitian menunjukkan pada tahun 2012-2017 kinerja ruas jalan pada ke-3 segmen dalam kondisi baik dengan tingkat pelayanan berada pada level B. Pada tahun 2020 kondisi kinerja ruas jalan ini sudah mulai mengalami penurunan dengan tingkat pelayanan pada level C, sedangkan pada tahun 2032, tingkat pelayan ketiga segmen turun level F. Kondisi ini menyatakan volume lalu lintas sudah melampau kapasitas ruas jalan yang ada. Ruas Jalan Sam Ratulangi akan mengalami kemacetan dan diperlukan upaya pengendalian untuk mengurangi kemacetan.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Tingkat pelayanan, Kapasitas, Derajat kejenuhan, Kecepatan

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta.
Hobbs, F.D., 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Universitas Gajah Mada Press, Yogyakarta.
Lubis, D.D. 2006. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Sayati Kabupaten Bandung, Skripsi Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Kristen Maranatha, Bandung
Machrizal, Raja dan Edy, 2005. Kinerja Ruas Jalan Luar Kota (Studi Kasus Pada Jalan Keprekan-Mertoyudan, Kabupaten Magelang Hingga Tahun 2010). Tugas Akhir Program S-1, UII. Yogyakarta. (tidak dipublikasikan).
Miro, F. 2004. Perencanaan Transportasi; Panduan untuk Mahasiswa, Perencana dan Praktisi. Penerbit Erlangga, Jakarta.
_________ 2005. Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Morlok K. dan HainimJ.K. 1986. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta, Erlangga
Munawar,A, 2006. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Penerbit Beta Offset,Yogyakarta.
Sujatmiko, Eko dan Nugraha, 2001. Evaluasi Tingkat Pelayanan Ruas Jalan dan Persimpangan K.H.A Dahlan. Tugas Akhir Program S-1, UII, Yogyakarta. (tidak dipublikasikan).
Sukirman, S, 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit Nova, Bandung.

Downloads

Published

2019-10-10

How to Cite

Sidyn, T. A. A. ., & Lowo, K. Y. . (2019). Evaluasi Tingkat Pelayanan Jalan Pada Ruas Jalan Sam Ratulangi Di Kabupaten Ende. TEKNOSIAR, 9(1), 35-41. Retrieved from http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/TEKNOSIAR/article/view/186

Issue

Section

Articles