Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penghuni Perumahan BTN Kelurahan Mautapaga Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende

Authors

  • Dian Fitriawati Mochdar Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Flores

Abstract

Rumah merupakan dambaan setiap insan yang hidup di dunia ini. Bagaimanapun kondisinya, kehidupan seseorang sebagian besar diawali, dilakoni, dan diakhiri di rumah. Kebutuhan rumah yang layak, sehat, aman, serasi dan teratur selain sebagai kebutuhan dasar juga merupakan faktor penting dalam peningkatan harkat dan martabat, mutu kehidupan serta kesejahteraan dari masyarakat sebagai pemilik.Tujuan yang ingin dicapai dalam studi ini adalah mengidentifikasi karakteristik dan perilaku masyarakat perumahan BTN untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyediaan dan pengelolaan sarana serta prasarana, dan mengetahui tingkat kepentingan sarana dan prasarana dalam pemanfaatan aktifitas kehidupan sehari-hari masyarakat perumahan.Penyebaran quisioner di Perumahan BTN adalah sebanyak 31 sampel, di mana untuk tipe kecil adalah sebanyak 5 sampel, untuk tipe sedang adalah sebanyak 13 sampel dan untuk tipe besar adalah sebanyak 13 sampel. Berdasarkan teori dan standar perumahan dan permukiman yang ada maka ditemukan variabel-variabel pertanyaan atau atribut untuk tingkat Kepuasan sebanyak 46 pertanyaan dan tingkat Kepentingan sebanyak 46 pertanyaan, dibagi dalam kelompok pertanyaan berdasarkan 3 kelompok yaitu Fisik (Dasar dan Binaan) Kawasan Perumahan, Fisik (Dasar dan Binaan) Unit Rumah dan Sosial, Ekonomi. Tingkat Kepuasan dilambangkan dengan (X) dan Tingkat Kepentingan dilambangkan dengan (Y) merupakan tujuan dari Metode IPA. Hasil analisa IPA untuk masing-masing tipe yaitu semua variabel perlu diperbaiki, karena belum mencapai standar atau belum optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kepuasan, Kepentingan, Penghuni Perumahan, Metode IPA

References

Barkley, Bruce T and James H Saylor. 1994. Customer Driven Project Management, A New Paradigm in Total Quolity Implementation Singapore.
Magal, Simha R. dan Levenburg, Nancy M. (2005) ‘Using importance-performance analysis to evaluate e-business strategies among small businesses’, Proceedings of the 38th Hawaii International Conference on System Science.
Marbuko, Cholid., 2004, Metodelogi Penelitian, Bumi Aksara, Jakarta
Santoso, S (2002) ‘Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat’ Alex Media Komputindo Jakarta.
Turner J.F.C, 1982, Housing By People, Towards Autonomy in Building Environments Marion Boyars, London.
Wade, Derek J. dan Eagles, Paul F.J. (2003) ‘The use of importance-performance analysis and market segmentation for tourism management in parks and protected areas: an application to Tanzania’s National Parks’, Journal of Ecotourism, Vol. 2 No.3.
Yavas, Ugur dan Shemwell, Donald J. (2001) ‘Modified importance-performance analysis: an application to hospitals’, International Journal of Health Care Quality Assurance, Vol.14 No.3.

Downloads

Published

2019-10-10

How to Cite

Mochdar, D. F. . (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penghuni Perumahan BTN Kelurahan Mautapaga Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende. TEKNOSIAR, 9(1), 53-64. Retrieved from http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/TEKNOSIAR/article/view/188

Issue

Section

Articles