Kinerja Ruas Jalan Pada Pusat Perbelanjaan Di Kawasan Pasar Inpres Ruteng

Authors

  • Hiasintus Regulas Mamput Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Flores
  • Mansuetus Gare Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Flores
  • Ireneus Kota Dua Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/teknosiar.v13i2.235

Abstract

Pasar merupakan tempat terjadinya aktivitas jual beli antara pedagang dan pembeli. Jalan merupa sarana lalu lintas bagi para pengunjung maupun pedagang. Dima terdapat aktivitas yang cukup tinggi karena pedangan maupun pengunjung selalu menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat selain pejalan kaki.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja ruas jalan pada pusat perbelanjaan dikawasan pasar Inpres Ruteng serta dampak lalu-lintas yang ditimbul akibat adanya pusat perbelanjaan. Data-data yang digunakan: geometrik jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, dan kecepatan kendaraan. Metode pengumpulan data: observasi (pengamatan langsung) dan traffic counting. Metode analisis menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Hasil analisis menunjukan bahwa derajat kejenuhan jika tidak adanya bangkitan kendaraan masuk dalam kategori E yaitu arus tidak stabil kecepatan terkadang terhenti, permintaan sudah mendekati kapasitas, sedangkan jika adanya bangkitan kendaraan masuk dalam kategori C yaitu arus stabil, kecepatan di kontrol oleh arus lalu lintas. Tingkat pelayanan yang terjadi menunjukkan dkondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan, dimana kawasan tersebut mengalami kemacetan pada jam-jam tertentu yang disebabkan oleh hambatan samping yang sangat tinggi karena frekuensi  kejadian sebesar 927,6 kejadian/jam ? 900 kejadian/jam dari standar MKJI.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Pasar, Lalu Lintas, kinerja ruas jalan, pusat perbelanjaan

References

Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta.
Frederick, Hermon., 2016. Analisis Dampak Lalu Lintas Terhadap Pembangunan Hotel POP, Fakultas Teknik, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Morlok, E.K., 1991. Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi. Jakarta, Erlangga.
Tamin O. Z., 1997. Perencanaan Dan Permodelan Transportasi,Penerbit ITB, Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia No.22 Tahun 2009.Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.
Yalastya, Ardiaz., 2017. Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Apartemen Bale Hinggil, Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Mamput, H. R. ., Gare, M. ., & Dua, I. K. . (2019). Kinerja Ruas Jalan Pada Pusat Perbelanjaan Di Kawasan Pasar Inpres Ruteng. TEKNOSIAR, 13(2), 7-17. https://doi.org/10.37478/teknosiar.v13i2.235

Issue

Section

Articles