Analisis Kenyamanan Termal Dan Dampaknya Pada Stres Kerja Guru Di Wilayah Tropis Kering Kabupaten Sikka

Authors

  • Cornelia Hildegardis Universitas Nusa Nipa, Maumere, Indonesia
  • Martina Rudolfa Da Mendez Universitas Nusa Nipa, Maumere, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/teknosiar.v19i1.5624

Abstract

Tingkat stres kerja guru lebih tinggi dibandingkan profesi lain berdasarkan penelitian RAND Corporation. Stres kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk perilaku siswa, perubahan kurikulum, teknologi, dan kondisi fisik lingkungan sekolah. Sekolah sebagai tempat kerja guru rentan menimbulkan kelelahan yang memicu stres, terutama di wilayah beriklim tropis kering seperti Kabupaten Sikka yang memiliki curah hujan rendah dan vegetasi terbatas. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh stres kerja terhadap kinerja guru dalam konteks kenyamanan termal bangunan sekolah menggunakan metode Predicted Mean Vote (PMV). Variabel pengukuran meliputi suhu udara, kelembaban, kecepatan angin, serta aktivitas dan pakaian guru. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan sampel jenuh 28 guru di SMP Katolik Yapenthom 1 Maumere. Data dikumpulkan melalui wawancara lapangan, pemasangan alat ukur kenyamanan termal, dan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja guru melalui gangguan konsentrasi dan motivasi. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor pada bangunan yakni dari sisi orientasi bangunan, arah hadap bukaan maupun ketiadaannya shading device pada gedung kelas sehingga berpengaruh secara langsung terhadap peningkatan suhu dan kelembaban udara yang terjadi di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Stres kerja guru, Kenyamanan termal, PMV, Kecerdasan Emosional, Kinerja guru

References

ALI, A., ISSA, A. & ELSHAER, A. 2024. A Comprehensive Review and Recent Trends in Thermal Insulation Materials for Energy Conservation in Buildings. Sustainability, 16, 8782.

AMASUOMO, T. & AMASUOMO, J. O. 2016. Thermal comfort problems in teaching-learning lecture theatres in the tropics: need to establish design criteria. Wseas Transactions on Environment and Development, 12, 76-89.

CAO, L., LI, T. & WANG, F. 2024. Heat insulation and thermal insulation method of passive low energy consumption residential building exterior envelope structure based on BIM. Results in Engineering, 23, 102734.

DA MENDEZ, M. R. & TANDAFATU, M. C. 2024. Evaluation of the Influence of Thermal Comfort (PMV) of Classrooms on Teachers' Work Stress Levels in Dry Tropical Areas (Study at SDK Maumere II, Sikka Regency). Cebong Journal, 4, 7-13.

DA MENDEZ, M. R. & TANDAFATU, M. C. 2025. The Influence of Work Stress and Thermal Comfort (PMV) on Teacher Performance Mediated by Emotional Intelligence (Bina Wirawan Catholic Junior High School, Maumere, Sikka Regency). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 8, 4137-4162.

DING, E., ZHANG, D., HAMIDA, A., GARCÍA-SÁNCHEZ, C., JONKER, L., DE BOER, A. R., BRUIJNING, P., LINDE, K. J., WOUTERS, I. M. & BLUYSSEN, P. M. 2023. Ventilation and thermal conditions in secondary schools in the Netherlands: Effects of COVID-19 pandemic control and prevention measures. Build Environ, 229, 109922.

FANGER, P. O. 1970. Thermal comfort. Analysis and applications in environmental engineering.

FARMER, D. 2020. Teacher attrition: The impacts of stress. Delta Kappa Gamma Bulletin, 87, 41-50.

FATIMAH, F., YUSUF, F. A., HAYADI, H., SUPARMOKO, M., SARI, G. I. & MUAFIDAH, M. 2024. Peran kesehatan guru dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui prestasi kerja pada guru Sekolah Dasar di Cilegon. Borobudur Educational Review, 4, 97-113.

HILDEGARDIS, C., SARASWATI, A., PUTRA, I. & DEWI, N. K. A. 2021. Comparison of Static Model, Adaptation Study, and CFD Simulation in Evaluating Thermal Comfort Based on Köppen Climate Classification System in Churches in Indonesia. Journal of Engineering and Technological Sciences, 53, 210606.

HILDEGARDIS, C., SARASWATI, A. A. A. O. & DEWI, N. K. A. 2019. Review of Thermal Comfort in Warm Humid Climate for Traditional Architecture in Indonesia. KnE Social Sciences, 151–167-151–167.

HUTARI, F. 2024. Guru: Profesi mulia dengan tingkat stres yang tinggi [Online]. Available: https://haiguru.id/article/artikel-guru-profesi-mulia-dengan-tingkat-stres-yang-tinggi/ 2025].

JIA, L.-R., HAN, J., CHEN, X., LI, Q.-Y., LEE, C.-C. & FUNG, Y.-H. 2021. Interaction between Thermal Comfort, Indoor Air Quality and Ventilation Energy Consumption of Educational Buildings: A Comprehensive Review. Buildings, 11, 591.

KWOK, A. G. 1998. Thermal comfort in tropical classrooms.

METRAILER, G. M. & CLARK, K. N. 2024. Returning to School: Teachers’ Occupational and COVID-19-Related Stress and Their Perceptions of School Climate. Contemporary School Psychology, 28, 43-55.

PARMAKSIZ, K., YESILNACAR, M. I. & KARABULUT, A. I. 2025. Assessing Thermal Comfort and Indoor Air Quality: In an Educational Facility of a Semi-Arid Climate Zone. Atmosphere, 16, 29.

PERMATASARI, N. 2024. Strategi penerapan prinsip arsitektur bioklimatik pada iklim tropis terhadap kenyamanan termal dan efisiensi energi bangunan. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1, 277-300.

PUTRI, S. F. 2024. Analisis Lingkungan Kerja Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di SMP PGRI Campakamulya. Inovasi Manajemen Bisnis, 6.

RAMADHAN, A. 2023. Jokowi: Saya Kaget Tingkat Stres Guru Lebih Tinggi dari Pekerjaan Lain. Kompas.

SCHULZE-HAGENEST, T., CARSTENSEN, B., WEBER, K., JANSEN, T., MEYER, J., KÖLLER, O. & KLUSMANN, U. 2023. Teachers’ emotional exhaustion and job satisfaction: How much does the school context matter? Teaching and Teacher Education, 136, 104360.

STEINER, E. D. & WOO, A. 2021. Job-related stress threatens the teacher supply. Rand Corporation, 25, 08-1.

TAN, N., SUWARLAN, S. A. & AGUSPRIYANTI, C. D. 2023. Peningkatan Kenyamanan Termal Sekolah di Iklim Tropis Pesisir Melalui Konsep Bioclimatic Architecture. Journal of Architectural Design and Development (JAD), 4, 146-156.

TELI, D. 2025. Children's thermal comfort in school classrooms: Influence of contextual factors, thermal experience, and diurnal variations. Building and Environment, 277, 112916.

TRAN, M. T., WEI, W., DASSONVILLE, C., MARTINSONS, C., DUCRUET, P., MANDIN, C., HÉQUET, V. & WARGOCKI, P. 2023. Review of parameters measured to characterize classrooms’ indoor environmental quality. Buildings, 13, 433.

ZULFIKRI, Z. & MAFRA, R. 2025. Analysis on Thermal Comfort in the Architectural Design Studio:: The KH. Mas Mansyur Building at Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Arsitektur TekstuReka, 3, 28-40.

Downloads

Published

2025-04-28

How to Cite

Hildegardis, C., & Mendez, M. R. D. (2025). Analisis Kenyamanan Termal Dan Dampaknya Pada Stres Kerja Guru Di Wilayah Tropis Kering Kabupaten Sikka. TEKNOSIAR, 19(1), 49-55. https://doi.org/10.37478/teknosiar.v19i1.5624