Evaluasi Sistem Penyediaan Air Bersih Di Wilayah Ndetundora Kecamatan Ende Kabupaten Ende

Authors

  • Marselinus Yunior Nisanson Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores
  • Valentinus Tan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores
  • Ireneus Kota Dua Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Flores
  • Antonius Tesen Alumni Program Studi Teknik Sipil Universitas Flores

Abstract

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat diperlukan oleh mahluk hidup. Air digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik dan non domestik. Wilayah Ndetundora merupakan wilayah dengan topografi berbukitan dan bergelombang dimana letak sumber mata air berada di bawah daerah layanan, sehingga dalam pengelolaan air menggunakan sistem pompa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya kapasitas pompa sesuai dengan kondisi debit yang ada serta untuk mengetahui kemampuan sistem jaringan perpipaan air minum yang mampu melayani masyarakat Desa Ndetundora. Debit sumber air Aepota 6 liter/dtk, sedangkan kebutuhan air penduduk yang berjumlah 3.697 jiwa sebesar 2,5673 liter/detik. Head Total Pompa riil adalah 115 m, sedangkan berdasarkan hasil analisis diperoleh Head Total Pompa 106,72 m dengan daya pompa 14,222 HP, sehingga pemilihan pompa sesuai dengan kondisi lapangan yang ada. Sistem jaringan distribusi yang ada hanya mampu melayani Desa Ndetundora II dan Ndetundora III sedangkan untuk Desa Ndetundora I dan Randotonda tidak bisa terlayani karena termasuk jaringan distribusi dengan elevasi jarak yang terjauh, dimana sisa tekanan untuk Desa Ndetundora I adalah 8,82 m dan Desa Randotonda adalah 5,08 m. Dengan tidak terlayani jaringan distribusi untuk Desa Ndetundora I dan Randotonda maka reservoir perlu ditinggikan, agar kedua Desa tersebut bisa terlayani.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Air bersih, Jaringan perpipaan, Debit air, Pompa air

References

Direktorat Air Bersih, Dirjen Cipta Karya dan UNICEF. 1990. Sistem Perpipaan, Dasar-Dasar Penyediaan Air Bersih. Jakarta.
Djasio, S. 1994. Pedoman Studi Penyediaan Air Bersih. Jakarta.
Kodiayat. 1991. Lingkungan Hidup Indonesia. Jakarta.
Marphy, A. 1995. Materi Teknik Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi, WWSF, Rural.
Sularso. 2006. Pompa dan Kompresor. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Sidharta, S. 1997. Rekayasa Ilmu Lingkungan. Jakarta: Gunadharma.
Triadmodjo, B. 1993. Hidrolika II. Yogyakarta: Beta Offset.

Downloads

Published

2019-10-03

How to Cite

Nisanson, M. Y., Tan, V. ., Dua, I. K. . ., & Tesen, A. . (2019). Evaluasi Sistem Penyediaan Air Bersih Di Wilayah Ndetundora Kecamatan Ende Kabupaten Ende. TEKNOSIAR, 7(2), 13-21. Retrieved from http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/TEKNOSIAR/article/view/64

Issue

Section

Articles