Pelatihan Penulisan Sastra Kreatif pada Siswa MTS Ulumiyah Tuban
DOI:
https://doi.org/10.37478/abdika.v2i2.1865Abstract
The Community Service Program (Penmas) aims to improve students' abilities in creative writing, improve students' literary writing skills, and improve literary publications. This community service is carried out through training and assistance with a participant active learning approach. the activity is carried out through three core stages, namely strengthening students in making creative works, training and mentoring in creative literary writing, and assistance in publishing works. The training participants were 40 students of MTS Ulumiyah Tuban. The students are enthusiastic about doing the creative literary writing training.
Keywords: training, device, literary, creative
Abstrak. Program Pengabdian Pada Masyarakat (Penmas) yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam hal menulis kreatif, meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sastra, dan meningkatkan kemampuan publikasi karya sastra. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan dengan pendekatan participant active learning. kegiatan dilakukan melalui tiga tahap inti, yakni penguatan siswa dalam pembuatan karya kreatif, pelatihan dan pendampingan dalam penulisan sastra kreatif, serta pendampingan dalam publikasi karya. Peserta pelatihan sebanyak 40 siswa MTS Ulumiyah Tuban. Para siswa antusias melakukan pelatihan penulisan sastra kreatif tersebut.
Kata Kunci: pelatihan, sastra, kreatif
Downloads
Keywords:
training, literary, creativeReferences
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Retnaningsih, P. dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riris K, Toha-Sarumpaet. (2002). Sastra Masuk Sekolah. Bandung: Anggota IKAPI.
Roestiyah N.K. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
White, Ron and Valerie Arndt. (2000). Process Writing. London and New York: Longman Handbooks for Language Teacher.
Berlin, Sani. (2014). Strategi Pembelajaran didalam Kelas. Bandung : Alfabeta
Mahsun. (2011). Metode Penelitian Bahasa (Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya). Jakarta: Rajawali Pers
Trianto, (2007). Model-model Pembelajaran iInovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Pranoto, Agung dkk. (2022). PELATIHAN PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS IT. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 24-31, https://doi.org/10.37478/abdika.v2i1.1604
Primasari, Yusniarsi, dkk. (2021). PENGEMBANGAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PELATIHAN MENULIS CERPEN. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1 (4), 158-166. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i4.1259
Sari, H.P & Setiawan. (2021). Peningkatan Teknologi Pendidik Pesantren Anak Sholeh melalui kegiatan MEMRise. Prima Abdika:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 81-90
Yudha, C. B., & Rahmad , I. N. (2020). PELATIHAN PENULISAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PADA GURU SDN CIBITUNG KULON 01 BOGOR. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20-23. https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.714
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kaswadi Kaswadi, Rini Damayanti, Agung Pranoto, Roely Ardiansyah, Sueb Sueb

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.