PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 7 NANGAPANDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Maria Kristina Selo Gu Universitas Flores
  • Melkyanus Kaleka Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VII semester II SMP Negeri 7 Nangapanda tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Nangapanda yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh  melalui observasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa: (1) motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 22% dimana pada siklus I nilai motivasi siswa sebesar 60%  dimana terdapat 17 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 dan pada siklus II motivasi belajar siswa sebesar 82% atau 23 orang yang memperoleh nilai ≥ 70. (2) Nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 18% dimana pada siklus I nilai hasil belajar siswa sebesar 67% atau 19 orang yang memperoleh nilai ≥ 70 dan pada siklus II nilai hasil belajar siswa sebesar 85% atau 24 orang yang memperoleh nilai ≥ 70.

Keywords: Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Published
2019-12-02
Section
Articles