PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK JURUSAN IPA SMAN I TALIBURA KABUPATEN SIKKA TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Eliseus Esto Universitas Flores
  • Maimunah Haji Daud Universitas Flores
  • Ilyas Universitas Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik jurusan IPA SMAN I Talibura Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini peserta didik SMAN I Talibura jurusan IPA dan sampel penelitian ini berjumlah 45 orang yang diperoleh dengan teknik sampling sistematis. Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data yaitu angket, wawancara dan dokumentasi  prestasi belajar peserta didik dalam hal ini nilai ujian tengah semester genap untuk peserta didik kelas XI dan nilai USBN untuk kelas XII 2017/2018. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik SMAN  1 Talibura  jurusan IPA Kaupaten Sikka tahun ajaran 2017/2018, dibuktikan dengan F > F 32,05>4,06.

Keywords: Media Sosial, Prestasi Belajar
Published
2019-12-02
Section
Articles