IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 1 ENDE TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Yuventinus Wangga Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • An Nisaa Al Mu'Min Liu Universitas Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Ende tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ende tahun pelajaran 2017/2018. Subyek dalam penelitian ini adalah guru-guru mata pelajaran IPA sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah aktivitas-aktivitas guru dalam langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan tiga tahapan yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dengan menggunakan persamaan untuk menentukan persentase kegiatan guru, dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Hasil penelitian diperoleh persentase kegiatan guru pada langkah mengamati 81,25 %, menanya 88,88 %, mengumpulkan informasi 80 %, menalar 60 %, serta mengkomunikasikan 100 %. Rata-rata persentase kegiatan guru dalam implementasi pendekatan saintifik adalah 82,03 % dengan kriteria sangat baik.

Keywords: Pendekatan Saintifik, Prestasi Belajar
Published
2019-12-02
Section
Articles