PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIIA DI SMP SWASTA KRISTEN ENDE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Maria Fidivanti Universitas Flores
  • Melkyanus Kaleka Universitas Flores
  • Yasinta Embu Ika Universitas Flores

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VIIA SMP Swasta Kristen Ende melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5E. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflkesi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VIIA dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VIIA di SMP Swasta Kristen Ende tahun pelajaran 2018/2019. Hasil ini ditunjukkan dari peningkatan kemampuan kognitif, dimana pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebanyak 11 siswa (37%) dan siklus II meningkat sebesar 30 siswa (100%). Model pembelajaran learning cycle 5E juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa yang tuntas dari siklus I ke siklus II sebayak 17 siswa (57%).

Keywords: Learning Cycle 5E, Kognitif, Aktivitas Belajar
Published
2019-12-02
Section
Articles