PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PEMUAIAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MAUTENDA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Rosalia Bunga Universitas Flores
  • Adrianus Nasar Universitas Flores
  • Ilyas Universitas Flores

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar fisika materi pemuaian zat untuk siswa kelas VIII SMP Negeri  Mautenda tahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi pemuaian pada siswa SMP Negeri Mautenda Kecamatan Wewaria tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one shot case studi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri mautenda yang  berjumlah 41 orang,  dan sampel penelitian berjumlah 21 orang diperoleh dengan teknik sampling purposive. Data yang diperoleh berupa nilai tes hasil belajar untuk materi pemuaian zat. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pemuaian zat siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri Mautenda tahun pelajaran 2017/2018 karena nilai mencapai KKM yaitu 65. Hal ini terbukti dengan hasil analisis data yaitu nilai  t hitung = 9,236 >  t tabel = 1,725 pada taraf signifikan(α) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 20.

Keywords: make a match, Pembelejaran Koperatif, Hasil Belajar, Pemuaian
Published
2019-12-02
Section
Articles