PENGEMBANGAN MODUL GETARAN HARMONIS BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Authors

  • Nanda Novita Malikussaleh University
  • Fajrul Wahdi Ginting Universitas Malikussaleh
  • Syarifah Rita Zahara Universitas Malikussaleh
  • Muliani Muliani Universitas Malikussaleh
  • Rozatul Ulfa Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4166

Abstract

Pengembangan modul getaran harmonis berbasis Project Based Learning (PjBL) dilakukan untuk mengetahui kelayakan, respon, serta peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan penggunaan modul dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg & Gall yaitu sampai pada tahapan uji coba pemakaian yang digunakan dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 5 yang berjumlah 24 siswapada masing-masing kelas. Hasil analisis data penelitian diperoleh: 1) hasil validasi ahli materi terhadap modul diperoleh skor sebesar 84,26% dan validasi ahli media didapatkan persentase sebesar 84,66% dengan kategori sangat valid. 2) uji Kelayakan modul oleh guru diperoleh persentase sebesar 96,89% dengan kategori sangat layak. 3) Hasil respon uji coba skala kecil terhadap produk yang dilakukan pada kelas XI IPA 5 didapatkan skor sebesar 88,67% dengan kriteria sangat menarik. 4) uji N-gain yang dilakukan di kelas eksperimen didapatkan hasil sebesar 0,7 dengan persentase 70% masuk kedalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol didapatkan hasil 0,53 dengan persentase 53% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa modul getaran harmonis berbasis Project Based Learning (PjBL) layak digunakan serta dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Keterampilan proses sains, Project Based Learning, Getaran Harmonis

References

Acar, G. (2013). The effect of project-based learning on students’ motivation. International Journal of Academic Research, 5(2), 82–86. https://doi.org/10.7813/2075-4124.2013/5-2/B.11

Afrianti, S., Novita, N., Ginting, F. W., Syafrizal, S., & Zahara, S. R. (2022). Development of STEM-Based LKPD with Guided Inquiry Design to Improve Student’s Science Process Skills. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 15(2), 99–108. https://doi.org/10.37729/radiasi.v15i2.2289

Agustina, N., Imamora, M., & Chandra, A. N. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran CTL Untuk Mencapai Hots Pada Materi Getaran Harmonis. International Conference On Education., 169–176.

Alhamuddin Alhamuddin, Abdul Rohman, & Ahmad Fanani. (2022). Developing a Project-Based Learning Model for Slow Learners in Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(2), 86–96. https://doi.org/10.35316/jpii.v6i2.404

Bin Amiruddin, M. Z., Samsudin, A., Suliyanah, S., Sunarti, T., & Safitri, A. I. (2023). Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Pengukuran Fisika Kelas X Sman 1 Tarik Sidoarjo: Analisis Hasil Implementasi Kurikulum Merdeka. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 348–355. https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3148

Ginting, F., Rezkia Lukman, I., Mellyzar, Andriani, R., & Tiarani, S. (2023). Analysis of Science Process Skills and Scientific Attitudes of Students in STEM Integrated Project-Based Learning. Proceedings of Malikussaleh International Conference on Multidisciplinary Studies (MICoMS), 3, 00027. https://doi.org/10.29103/micoms.v3i.186

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102, 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Krajcik, J. S., & Shin, N. (2022). Project-Based Learning. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences (pp. 72–92). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108888295.006

Lidi, maria waldetrudis, & Haji Daud, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 183–190. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1363

Marasabesy, A., Jusuf, R., Pamuti, P., & Wahid, S. M. J. (2023). Improving Students’ Science Process Skills on The Concept of Science in Elementary School Through The Guided Inquiry Learning Model. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2139–2147. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i2.6437

Markula, A., & Aksela, M. (2022). The key characteristics of project-based learning: how teachers implement projects in K-12 science education. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 4(1), 2. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00042-x

Munawarah, M., Novita, N., Faradhillah, F., Syafrizal, S., & Sakdiah, H. (2023). Application of Project-Based Learning (PjBL) Models Assisted with Teaching Aids to Improve Students’ Science Process Skills on Work and Energy Materials. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 11(1), 116. https://doi.org/10.20527/bipf.v11i1.14683

Pendidikan, M. (2019). Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Permanasari, A. (2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. 23–34.

Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119–131.

Shin, M.-H. (2018). Effects of Project-based Learning on Students’ Motivation and Self-efficacy. English Teaching, 73(1), 95–114. https://doi.org/10.15858/engtea.73.1.201803.95

Sinta, M., Sakdiah, H., Novita, N., Ginting, F. W., & Syafrizal, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 24. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14546

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Timutiasari, B., Al-muhdhar, M. H. I., Biologi, P., & Malang, P. N. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Modul Program Krpl Untuk Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sd Islam Moh. Hatta Malang. November 2015, 1185–1190.

Wijnia, L., Noordzij, G., Arends, L. R., Rikers, R. M. J. P., & Loyens, S. M. M. (2024). The Effects of Problem-Based, Project-Based, and Case-Based Learning on Students’ Motivation: a Meta-Analysis. Educational Psychology Review, 36(1), 29. https://doi.org/10.1007/s10648-024-09864-3

Yulianti. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Pjbl Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Materi Fluida Statis. Physics Education Research Journal. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074

Zahara, S. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 29. https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1195

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Novita, N., Ginting, F. W. ., Zahara, S. R. ., Muliani, M., & Ulfa, R. . (2024). PENGEMBANGAN MODUL GETARAN HARMONIS BERBASIS PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 176-186. https://doi.org/10.37478/optika.v8i1.4166