PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU IPA DI SD NEGERI 3 WOLOWARU

Authors

  • Hasan Arsad Haraban SDN 3 Wolowaru

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor pada SDN 3 Wolowaru?. Bagaimana proses supervisi dalam  peningkatan mutu pembelajaran guru mata pelajaran IPA pada SDN 3 Wolowaru?. Bagaimana pandangan guru mata pelajaran IPA terhadap proses supervisi pada SDN 3 Wolowaru? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  peran kepala sekolah sebagai supervisor pada SDN 3 wolowaru. Mengetahui proses supervisi dalam peningkatan mutu pembelajaran guru mata pelajaran IPA pada SDN 3 Wolowaru. Mengetahui padangan guru mata pelajaran IPA terhadap proses  supervisi pada SDN 3 Wolowaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu  pendekatan yang mencoba memahami pemaknaan individu dari subjek yang diteliti. Subyek penelitian ini terdiri dari key iforman yaitu kepala sekolah sebagai supervisor dan informan yaitu guru mata pelajaran IPA. Dalam mendapatkan data, penulis menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. peran kepala sebagai supervisor: a.tugas kepala sekolah sebagai supervisor yaitu mengupayakan agar guru-guru lebih serius dan semangat serta bertanggungjawab dalam kegiatan belajar mengajar, b. fungsi kepala sekolah sebagai supervisor yaitu memberikan pengarahan, bimbingan, pelayanan dan pengawasan. 2. Proses supervisi pada SDN 3 Wolowaru: sudah dijalankan dengan baik oleh kepala sekolah sebagai supervisor baik mulai dari program supervisi,  pelaksanaan supervisi,  maupun proses tindak lanjut dari hasil supervisi. 3. Pandangan guru mata pelajaran IPA sangat membantu dalam meningkatkan mutu pembelajaran  serta memberi pengaruh dan perbaikan proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Kepala Sekolah, Supervisor, Mutu Pembelajaran, Guru

References

Ali, J. H. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN IPA PADA SDN ROJA 1 ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 50-56. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.114

Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio, 5(2), 107-114

Daryanto.(2010). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dirjen PMPTK, 2009. Bahan Belajar Mandiri Program Bermutu KKKS Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: Depdiknas Glikman, C.D., Gordon, S.P., & Gordon, J.M.R. 2007.

Endang, M. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Engkoswara, dan Komariah, Aan. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta.

Hartini, Tri. (2013). Peranan Kepala Sekolah, Guru, dan Guru Pembimbing dalam Implementasi Kurikulum 2013 untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. [Online] Tersedia: http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/FIP13/fip013/paper/viewFile/266/213.

Kemmis and McTaggart (1994) The Action Research Planner, Dekain University

Kotten, B Natsir. (2011). Supervisi Pendidikan dan Pengajaran. Ende: Nusa Indah.

Kunandar (2009). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Ngoso, Y.M., (2020). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU-GURU SDK WATUROKA MENGENAI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 78-84. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.118

Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Nata, N., & Kaleka, M. B. (2020). MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN INDIVIDUAL DI SMPN 7 NANGAPANDA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.282

Purwadinata, (1967). Pengajaran di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Tirtaraharja. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Usman samatowa.(2011). Pembelajaran IPA Disekolah Dasar.Jakarta: PT.Indeks Kembangan.

Wahjosumidjo.(2011).Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Downloads

Published

2020-11-25 — Updated on 2020-11-25

Versions

How to Cite

Haraban, H. A. (2020). PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU IPA DI SD NEGERI 3 WOLOWARU. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 134-142. Retrieved from http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/711

Issue

Section

Articles