Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Flores Ende

Authors

  • Yosef Moan Banda Universitas Flores
  • Herlina Bupu Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/jpe.v9i1.4135

Abstract

This research aims to find out: (1) The influence of Facebook social media in growing students' online buying interest. (2) Student buying interest. This type of research is quantitative. The data collection technique uses (1) observation, ((2) questionnaires and (3) documentation. The data analysis technique is to use statistical data analysis with a simple linear regression formula. The results of this research show that (1) there is a significant influence between the Facebook Social Media variables (X1) regarding interest in buying online among students of the Economic Education Study Program at the University of Flores. The analysis results show that the value of t> t table is 7.198> 2.14479 and the significance level is 0.000 < 0.05.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

facebook social media, students' interest in buying online

References

A, A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-jek . Jurnal Widyakala , vol 3.

Andika, R. (2019). Peran Media Sosial Dalam Perubahan Gaya Hidup Remaja. Jurnal RAHMANDIKA.

Aptaguna, A. P. ( 2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga. Jurnal Widyakala, Vol.3, Hal, 49-56.

Ardy, C. K. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing Dan Marketplace Marketing Terhadap Minat Beli Produk Tree-x. Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, vol 6, no 5.

Diana, C. (2018). Penggunaan Situs Jejaring Sosal Facebook Pada Remaja Dissabilitas Intelegensi Soina Rawamangun. Jurnal Pendidikan Khusus, vo 1, no 1.

dkk, S. S. (2021). Facebook marketplace serta pengaruhnya terhadap minat beli. Jurnal Ekbis, Vol 22, No 1.

Efendi, M. R. (2018). Pengaruh Facebook Sebagai Social Media Marketing Terhadap Prilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi , vol 12, no 1.

Fatwa, M. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kripik Cireng Rasaku. Jurnal Multidisiplin, v0 1, n0 1, hal 13-23.

Fatwa, M. R. (2023). Jurnal Multidisiplin. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Tingkata Penjualan Produk Kripik Cireng Rasaku, vol 1, no 1, hal 13-23.

Fauziyah, A. (2019). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Minat Beli Pada Bisnis Online Grup Biak Dagang Biak. Jurnala Komunikasi, Politik Dan Sosiologi , vo 1, no 1.

Kurniawati, F. (2021). Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Bisnis Dalam Usaha Meningkatkan Jumlah Penjualan Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Bangunsarin Kecamatan Dolopo Kabupaten Madium. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 4, no 2.

Liedfray, T. ( 2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga . JURNAL ILMIAH SOCIETY, volume 2 No. 1 .

Maisyaroh. (2022). Pengaruh Iklan Facebook Terhadap Minat Beli Siswa. Journal of Social Media and Message, Vol. 1, No. 1.

Nanda Bella Fidanty Shahnaz, W. (2016). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO. Management Analysis Journa, hal 389-399.

Novitasari. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BELI. Jurnal ekonomi bisnis, vol 18, no 2, hal 97-108.

Perdana, A. P. (2020). UU ITE TENTANG EFEK MEDIA SOSIAL TERHADAP GENERASI. inovasi pembangunan-jurnal kelitbangan, vol 8, no 3.

PRAYUGO, D. W. ( 2018). PENGARUH KOMUNITAS VIRTUAL TERHADAP MINAT BEI OLINE PADA GRUP FACEBOOK. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 6, Nomor 1, hal 143-157.

Purbohastuti, A. W. (2019 ). Perilaku Mahasiswa Terhadap Sosial Media. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Volume XI, Nomor 2.

purnamasari, E. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI ONLINE. Jurnal Ekonomi, Vol.16, Nomor 2.

Putri, A. O. (2022). Pengaruh Meida Sosial Facebook Terhadap Peningkatan Omset penjualan UMKM (Studi Kasus Pedagang Kuliner UMKM Di Kecamatan UjungBatu. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, vo 4, no 1.

Rahmawati, I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Inovasi Penelitian, vo 3, no 4.

Rohmy, A. M. (2021). UU ITE Dalam Perspektif Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, Volume 7, Nomor 2.

Simatupang, S. (vol 22 no 1 (2021)). Facebook Marketplace Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Beli. Jurnal Ekbis, Analisis, Prediksi, Dan Informasi, Hal 21-48.

Syaharullah, M. Y. ( 2021). PENGGUNAAN FACEBOOK DALAM PROMOSI. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, vol 12, no 2, .

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles