Koherensi Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Flores

Authors

  • Stefanus H. Gusti Ma Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Flores
  • Emerensiana Masu Lebe universitas flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/jpe.v9i1.4381

Abstract

This study aims to determine the effect of scholarships on student motivation for the Economic Education Study Program at the University of Flores. The type of research used in this study is an explanation to explain whether there is an influence of the independent variable, namely scholarship, on the dependent variable, namely learning motivation—data collection techniques using questionnaires for primary data and secondary data using documentation studies. The data obtained were analyzed using simple linear analysis. The study results show that scholarships have a significant effect by contributing 24.8 percent to influencing learning motivation in economic education study programs. Therefore, the government and the foundation suggested opening more chances for students to get the scholarship.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

scholarship, learning motivation

References

Abdullah, I., & Gani, M. I. A. (2022). Analisis faktor penyebab kurangnya minat remaja terhadap pendidikan perguruan tinggi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 128-137. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i2.1486

Alita, D., Sari, I., Isnain, A. R., & Styawati, S. (2021). Penerapan Naïve Bayes Classifier Untuk Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa. Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 2(1), 17-23. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JDMSI/article/view/1028/575

Anwar, S., & Husaini, A. (2021). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kalimantan Timur Tahun 2021. Cendikia, 7(1), 104-114. https://cendikia.ikippgrikaltim.ac.id/index.php/cendikia/article/view/158/93

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan perkembangan perilaku manusia karena belajar. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.116

Budiman, B., & Umami, I. (2022). Implementasi Algoritma Naïve Bayes Untuk Menentukan Calon Penerima Beasiswa Di SMK YPM 14 Sumobito Jombang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(2), 446-454. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i2.570

Nurrahmaniah, N. (2019). Peningkatan prestasi akademik melalui manajemen waktu (time management) dan minat belajar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 149-176. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.52

Faujan, S., Riyanto, T., & Alamsyah, A. (2023). Pengaruh Fasilitas Kampus, Kualitas Pengelolaan Parkir dan Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Pamulang. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 3(02), 160-174. http://dx.doi.org/10.30587/mahasiswamanajemen.v3i02.4943

Ilham, I., Suwijana, I. G., & Nurdin, N. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Pada SMK 2 Sojol Menggunakan Metode AHP. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 4(2), 48-58. https://jesik.web.id/index.php/jesik/article/view/86/64

Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidkan nasional. Lex Privatum, 8(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/29792

Juliardy, M. A., Cantika, B., Minda, S. Z., Miazara, T. N., Fikri, R., Sabilah, T. C. F., ... & Suharman, I. (2022). Sosialisasi Pembangunan Rasa Percaya Diri Siswa SMAN 2 Kampar Untuk Melanjutkan Pendidikan Tingkat Universitas. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 5188-5193. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2789

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of parents in improving geography learning motivation in immanuel agung samofa high school. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69-74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 24-32. https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1215

Natsir, F., Triyadi, T., & Sihombing, R. A. (2022). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Rekomendasi Penentuan Penerima Beasiswa. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Peradaban, 3(2), 1-6. https://doi.org/10.58436/jsitp.v3i2.1257

Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64

Nasution, J. S. (2022). Hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas viii smpit fajar ilahi batam. Jurnal As-Said, 2(1), 100-115. http://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/77/39

Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2018). Pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal KEUNTUNGAN: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi , 4 (2), 203-213. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v4i2.5598

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076/773

Rahmawati, D., Kristanto, T., Pratama, B. F. S., & Abiansa, D. B. (2022). Prediksi Pelaku Perjalanan Luar Negeri Di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana. Journal of Information System Research (JOSH), 3(3), 338-343. https://doi.org/10.47065/josh.v3i3.1507

Rahmawati, D. I., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Krian 2 Sidoarjo pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 108-123. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p108-123

Van Gobel, I., Panigoro, M., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Universitas Negeri Gorontalo. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 93-100. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.18593

Wulandari, D. D., Adnyana, P. B., & Santiasa, I. M. P. A. (2020). Penerapan e-modul interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas X. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2), 66-80. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPB/article/view/29681

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles