EFEKTIFITAS PROGRAM WEBINAR KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA STIE GANESHA
DOI:
https://doi.org/10.37478/als.v13i1.2520Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan program webinar kewirausahaan di lingkungan STIE Ganesha. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diolah dan dikumpulkan menggunakan interview wawancara, observasi lapangan dan literatur Pustaka. Objek penelitian terdiri dari 100 responden peserta webinar. Hasil penelitian menunjukan bahwa webinar kewirausahaan sangat efektif bagi para peserta untuk mengembangkan usaha. Manfaat webinar kewirausahaan yaitu : a) Menambah wawasan dan pengetahuan literasi kewirausahaan. b) Mengembangkan potensi diri (c) topik materi menarik inspiratif (d) Untuk mendapatkan sertifikat (e) Mendapatkan insight baru di dunia entrepreneur. (f) Meningkatkan keilmuan dan skill kewirausahaan (g) Stimulus memulai bisnis baru. (h) Menjadi motivasi kehidupan mahasiswa di masa depan (i) Ajang silaturahmi dan sharing pendapat tentang ide bisinis (j) Motivasi hidup dan lebih sigap menghadapi era VUCA. Kendala yang dialami peserta webinar antara lain (a) Sinyal atau jaringan tidak stabil (b) Kegiatan sering bentrok di hari kerja (c) Kurang materi ice breaking saat jeda pergantian materi (d) Tampilan slide lebih menarik dan kurangnya interaksi dengan peserta (e) perangkat zoom dan speaker yang kurang keras (f) absensi susah untuk login masuk (g) Waktu ttidak sesuai jadwal (h) petugas host kurang lancar dalam memandu acara.
Downloads
Keywords:
Efektifitas, Webinar Kewirausahaan, Mahasiswa STIE GaneshaReferences
Tactics That Take Webinars From Good to Great, According to HubSpot Marketers. (2022). Https://Blog.Hubspot.Com. https://blog.hubspot.com/marketing/webinar-planning-list
Alma, B. (2019). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum (24th ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Dewi, N., Pramanik, Sulistiyono, D., Adji, W. Z., & Korbaffo, Y. A. (2021). Pemanfaatan Webinar Gratis Untuk Meningkatkan Pengetahuan Mahasiswa Politeknik Piksi Ganesha. PADMA, 1(2), 108–122. https://doi.org/10.56689/PADMA.V1I2.408
Effendy, F., Awalludin, D., Hurriyati, R., Disman, D., Sultan, M. A., Nugraha, S., & Suhono, S. (2021). Dampak Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Wirausaha Mahasiswa dengan Pendekatan Model TPB. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(3), 195–202. https://doi.org/10.35899/biej.v3i3.316
Ernawatiningsih, N. P. L. (2019). Analisis Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 34. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2157
Farida, E., Djatmika, E. T., Siswoyo, B. B., & Witjaksono, M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Semangat Wirausaha Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 1(1), 8. https://doi.org/10.29408/jpek.v1i1.461
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik (Suryani (Ed.); 1st ed.). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=AqSAEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=metode+penelitian+kualitatif&ots=m10ouo6RrQ&sig=SET9mX9u-7rA0RXpHxSQ4GDIL0E&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian kualitatif&f=false
Hills, G. E., & Morris, M. H. (2018). Entrepreneurship education: a conceptual model and review. In Educating Entrepreneurs for Wealth Creation (pp. 38–53). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429458156-4
Hongdiyanto, C. (2021). The Analysis of Entrepreneurship Course Towards Entrepreneurship Intention of The Students. Manajemen Dan Bisnis, 20(1), 1–17. https://doi.org/10.24123/jmb.v20i1.467
ndonesia Butuh 4 Juta Wirausaha Baru untuk Menjadi Negara Maju. (2018). https://kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-Butuh-4-Juta-Wirausaha-Baru-untuk-Menjadi-
Khoiron, A. M. (2021). Strategi Pengembangan Wirausaha Mandiri Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 125. https://doi.org/10.26740/ja.v6n2.p125-134
Linton, G., & Klinton, M. (2019). University entrepreneurship education: a design thinking approach to learning. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 8(1), 3. https://doi.org/10.1186/s13731-018-0098-z
Maher, L., & Dertadian, G. (2017). Qualitative research. Addiction, 113(1), 167–172. https://doi.org/10.1111/add.13931
Neck, H. M., & Corbett, A. C. (2018). The Scholarship of Teaching and Learning Entrepreneurship. Entrepreneurship Education and Pedagogy, 1(1), 8–41. https://doi.org/10.1177/2515127417737286
Program Kerja Ganesha Laboratorium Entrepreneur STIE Ganesha. (2022).
SK Ganesha LabPreneur STIE Ganesha. (2022).
Sugita, S., & Ansori, A. (2018). Upaya Dosen Kewirausahaan Sebagai Faktor Determinatif Dalam Menumbuhkan Motivasi Wirausaha Mahasiswa Ikip Siliwangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(2), 127. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.1017
Suwena, K. R. (2016). Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai Pondasi Untuk Mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2). https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385
Thousani, H. F., Muarief, R., Program, P., Administrasi, S., Politeknik, B., & Madiun, N. (2021). Edukasi Hybrid Entrepreneurship Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Madiun Untuk Menambah Wawasan Kewirausahaan. Jurnal Abdimas Sangkabira, 2(1), 73–82. https://doi.org/10.29303/ABDIMASSANGKABIRA.V2I1.61
Urfillah, U., & Muflikhati, I. (2017). Motivasi Berwirausaha, Manajemen Waktu, Manajemen Keuangan, dan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Wirausaha. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 10(1), 71–82. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.1.71
Visi Misi STIE Ganesha. (2022). https://stieganesha.ac.id/home/visiMisi
Webinar: Apa Itu, Manfaat, Tipe-Tipe, dan Aspek Pentingnya. (2022). Https://Glints.Com. https://glints.com/id/lowongan/webinar-adalah/
Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283. https://doi.org/10.30596/MANEGGIO.V2I2.3774
Yuliana, Firmansyah, F., Amrina, D. E., & Pratita, D. (2022). Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Melalui Webinar Dan Coaching Program Mahasiswa Wirausaha. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4631–4641. https://doi.org/10.31764/JMM.V6I6.11013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
An author who publishes in ANALISIS agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).