PERAN USAHA MIKRO DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Aye Sudarto IAI Agus Salim Metro

DOI:

https://doi.org/10.37478/als.v11i2.863

Abstract

The role of ultra-mikro and small businesses in Metro City, especially in the campus cake market, which is located in the eastern part of the Mulyo Metro, is significant. So far, he has been able to survive and support the surrounding community. Producers and vendors meet at the cake market. Can develop and support the family during normal times as well as in times of crisis as it is today.

The number of market snack producers in the campus cake market is 35 people and 22 traders are distributors of market snacks. The development of the campus cake market can be seen from the turnover, types of cakes and employment. The development of ultra mikro and mikro businesses is quite good. However, during the Covid 19 pandemic, there was a significant decrease in business.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Micro Business, Community of Economics, Covid-19

References

Abu Ahmadi, 2009. Ilmu Sosial Dasar, Asdi Mahasatya, Jakarta

Ana Miswati, 2021. Produsen Kue Jajnan Pasar, Wawancara tanggal 20 Januari

Atika Oktaria, Covid-19 Pukul 30 Ribu UMKM Lampung. https://lampungpost.id/ragam/covid-19-pukul-30-ribu-umkm-lampung/

Aye Sudarto, 2021. Perekonomian Indonesia, Lampung Membangun 2021

________(2020) Pelatihan Managemnt Pengelolaan dan kewirausahaan, Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Kemenaker RI dan Jaringan LSM Penanggulangan Pekerja Anak (Jarak)

Ayu Linda Marcelina, 2012. Analisis Dampak Kridit Mikro terhadap perkembangan usaha mikro. U. Diponegoro, Semarang ,

Dara Haspramudilla, 2020. Menguatkan Sang Pahlawan Ekonomi dari Gempuran Pandemi, Media KeuanganTransparansi Informasi Kebijakan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Vol XV/no 158/ November

Eka Puryani, 2021. Produsen jajanan Pasar, Pasar Kue Kampus, Wawancara tanggal 15 Januari

Euis Amalia, 2009. Keadilan Distributif Dalam ekonomi Islam, Penguatan Peran LKM dan UKM di Indonesia. Rajawali Jakarta

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/usaha

Fery Prasetio, 2012. Ekonomi Publik. Univ. Brawijaya malang,

Gunawan Sumoningrat, 2005. Pemberdayaan Masyarakat, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Hendry Faisal, 2010. Ekonomi Media. Raja Grasindo Persada, Jakarta, 2010Harmaisar Zaharudin, Menagkap Peluang Usaha, CV Dian Anugerah Prakasa, Yogyakarta

Irawidya, 2021. Tiga Ribu Lebih UMKM di Lampung Terdampak Covid-19, https://harianmomentum.com/read/29079/tiga-ribu-lebih-umkm-di-lampung-terdampak-covid-19.Kadeni.

Ninik Srijani, 2020. Peran UMKM Dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Journal Equiliberium Vol 8 Nomor 2

Isnaeni Rohayati, 2017 -2018. Pengukuran Kinerja pada UMKM,Jurnal Unsoed PurwokertoKementerian Koperasi, Perkembangan DataUMKM

Lia Amalia, 2007. Ekonomi Pembangunan, Graha Ilmu Yogyakarta

Misro, 2021. Ketua RT 21 RW 09 Kelurahan Iring Mulyo, Wawancara tanggal 15 Januari

Mutiah, 2021. Produsen Jajanan Pasar, Pasar kue Kampus. Wawancara tanggal, 15 Januari

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 tahun 2007 tentang peranan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern

Raisa Karina Hadi, 2015. Studi Eksploratif Tentang FaktorFaktor Kegagalan Implementasi Kebijakan Relokasi Pedagang Pasar Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, Journal Kebijakan dan Manajemen Publik, Vol 3 Nomor 1

Rakhmindyarto, 2020. Menjaga Ketahanan UMKM di Masa Pandemi, Media KeuanganTransparansi Informasi Kebijakan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Vol XV/no 158/ November

Suejono Soekarno, 2005. Sosiologi Suatu Pengantar, Raja Grasindo Persada Jakarta

Taufiq Chalil, 2021. Pedagang dan Tokoh Pemuda, Wawancara tanggal 20 Januari

UU no 9 tahun 1995 tentang usaha kecil.

UU No 20 tahun 2008 tentang UMKM.

Wijianto, Ika Farida, Ulfa2016. Pengaruh Status Sosial dan Kondisi Ekonomi Keluarga terhadap Motifasi bekerja, Journal Vol 2 no 2

Downloads

Published

2021-09-01

How to Cite

Sudarto, A. (2021). PERAN USAHA MIKRO DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 . ANALISIS, 11(2), 134-147. https://doi.org/10.37478/als.v11i2.863