ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM UNTUK PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Maria Goretty D Bantas universitas Flores
  • Agnes Pendy universitas Flores
  • Juwita Merdja universitas Flores

Abstract

Proses pembelajaran matematika dengan menerapkan kurikulum 2013 memerlukan pemahaman secara lebih yang secara khusus dapat dipelajari salah satunya dalam mata kuliah Telaah Kurikulum pada program studi pendidikan matematika universitas flores. Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah membina hubungan antar individu dan komunikasi yang baik dan harmonis dalam memahami secara eksplisit makna pendidikan karakter yang terkandung dalam kurikulum 2013 yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan proses pembelajaran matematika dan implementasi proses pembelajaran matematika sesuai kurikulum 2013.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di Univeritas Flores Program Studi Pendidikan Matematika. Jl. Samratulangi Ende Flores dengan waktu penelitian pada semester genap tahun akademik 2017/2018 dari bulan Januari-Juli. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa program studi pendidikan Matematika terdiri dari semester kelas IIA dan IIB. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ada empat macam, yaitu: angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification).
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Flores mampu memahami secara eksplisit tentang kurikulum 2013 serta mampu menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kurikulum 2013.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Kurikulum 2013, Pendidikan Karakter

Downloads

Published

2020-07-23