ALUR BELAJAR MAHASISWA BERKEMAMPUAN SEDANG DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan alur belajar mahasiswa berkemampuan sedang dalam memecahkan masalah Matematika berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya. Subjek penelitian adalah satu orang mahasiswa Universitas Negeri Makasar berkemampuan sedang (disimbol S1) yang telah mengikuti mata kuliah Analisis Real II. Intrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai intrumen utama serta instrument bantu berupa lembar soal (disimbol M1) Matematika terkait limit fungsi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1). subjek S1 dapat memahami masalah dengan tepat, (2) Subjek S1 memikirkan dua buah rencana pemecahan yaitu rencana pertama yang disimbol D1 dan rencana kedua yang disimbol D2, (3) Dalam melaksanakan rencana S1 memilih rencana D1.dengan alasan lebih menguasai D1 dan lebih sering digunakan (3). Dalam melakukan refleksi (looking back) S1 menelusuri alur pelaksanaan D1, memeriksa langkah demi langkah, dan tidak menggunakan perencanaan D2 sebagai cara untuk memeriksa hasil yang telah diperoleh.
Downloads
Keywords:
Alur Belajar, PolyaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.