Supervisi Kelas dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru di SMPS Tri Dharma Ende
PDF

Keywords

Class Supervision
Teaching Skills

How to Cite

Illu, A. A. ., & Beda, E. (2023). Supervisi Kelas dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru di SMPS Tri Dharma Ende. JURNAL LITERASI: PENDIDIKAN DAN HUMANIORA, 8(2), 10-20. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/literasi/article/view/3104

Abstract

This study aims to identify and describe: (1) Class supervision at Tri Dharma Junior High School Ende, (2) Teacher teaching skills at Tri Dharma Junior High School Ende after being supervised by the class principal.The type of research used in this study was school action research (SAR) which was carried out in 2 cycles. Data collection techniques used are (1) observation, (2) documentation. The subjects of this study were 6 teachers of Tri Dharma Junior High School.The research results prove that; (1) The school principal has supervised the classes of teachers at Tri Dharma Junior High School Ende well, (2) After being supervised, the teaching skills of teachers at Tri Dharma Junior High School Ende have increased. In the first cycle the teacher's teaching skills were quite good or by 73.91% and increased in the first cycle very well or by 95.65%. Thus the proposed action hypothesis reads "class supervision of the principal can improve the teaching skills of teachers at Tri Dharma Junior High School Ende is declared accepted". Thus it can be suggested; (1) So that all school principals have a supervision program so that they know how to teach teachers and improve if they are not good, (2) Class supervision must be carried out every semester in a programmed manner, (3) Teachers must realize that good and skilled teaching will affect quality education. Therefore the teacher is obliged to know teaching skills and apply them in learning.

PDF

References

Arikunto, Suharsini. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik Untuk Menigkatkan Kompetensi Guru Di SD Laboratorium UKSW. Scholaria.

E. Mulyasa, (2007). Menjadi Guru Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK (Bandung :PT Remaja Rosda Karya. 2007)

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu.

Hamidi1, N. I. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dan Supervisor. Journal of Administration and Educational Management

Hanief, M. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Vicratina.

Hasanah, M. L. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan.

Hayati, R. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ikhsan Dermawan Prasetyo Jati (2017) .Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motrivasi Dan Kerja Guru. Yogyakarta: Gadjah Mada University Presc.

Irnawati. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013 Melalui Pendampingan Di Smp Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2015-2016 . Sabilarrasyad.

Jarno. (2020). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Pada Guru Sdn 17 Nanga Jetak Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang . Jurnal PEKAN .

Juliantoro, M. ( 2017 ). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal al–Hikmah.

Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SLB Di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Kustiyah. ( 2017 ). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Individual Di Sd Candi 01 Kecamatan Candisari Kota Semarang . MALIH PEDDAS.

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan.

M. Ngalim Purwanto,(1987) Administrasi dan Supervisi Pendidikan. PN. PT.Remaja Rosdakarya. Bandung

Natalia Nata1, M. K. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Individual DI SMPN 7 Nangapanda . Jurnal Pendidikan Fisika.

Nur Maneh, 1. Z. (2018 ). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Negeri 52 Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan.

Nurindarwati, R. (2020). Penerapan Supervisi Akademik Pengawas Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penyusunan Administrasi Pembelajara. Jurnal Kajian Keislaman.

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene . Journal of EST.

Rudy Saleh, M. S. (2011). Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Neningkatkan Efektivitas Layanan Administrasi Di Smp Santu Petrus Pontianak . administrator, effectiveness, administration services.

Rusmawati, V. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Disiplin Kerja Guru Pada Sdn 018 Balikpapan . eJournal Administrasi Negara.

Sa’bani, F. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menyusun RPP melalui Kegiatan Pelatihan pada MTs Muhammadiyah Wonosari . Jurnal Pendidikan Madrasah.

Sarumaha, D. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Berkesinambungan Di SMK NEGERI 2 Fanayama, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan . Jurnal Pendidikan.

Susetya, B. (2017 ). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Silabus Dan Rpp Melalui Supervisi Akademik Di Sd N Gambiran Yogyakarta . Jurnal Taman Cendekia.

Downloads

Download data is not yet available.