MODUL LITERASI SAINS BERBASIS PEMBELAJARAN DARING MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Soya Pramesti Shahida Universitas Negeri Jakarta
  • Arifin Maksum Universitas Negeri Jakarta
  • Supriatna A.R. Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1064

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar. Modul literasi sains tersebut untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran daring pada materi ekosistem. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE dengan tahapan pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis; (2) Desain; (3) Pengembangan; (4) Implementasi; dan (5) Evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah subjek ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta peserta didik kelas V sekolah dasar sebagai calon pengguna produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem untuk siswa kelas V sekolah dasar memperoleh presentase sebesar 91% dari ahli materi, 86% dari ahli bahasa, dan 84% dari ahli media dengan masing-masing kategori “sangat layak”. Hasil uji coba pengguna pada siswa memperoleh keseluruhan rata-rata sebesar 93% dengan kategori “sangat menarik”. Maka dapat disimpulkan bahwa modul literasi sains berbasis pembelajaran daring pada muatan IPA materi ekosistem ini sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring dan menarik bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Literasi sains, berbasis pembelajaran daring, ekosistem

References

Alhamid, T., & Anufia, B. (2016). Instrumen Pengumpulan Data. 4(1), 64–75.

Arlis, S., Amerta, S., Indrawati, T., Zuryanty, Z., Chandra, C., Hendri, S., Kharisma, A., & Fauziah, M. (2020). Literasi Sains Untuk Membangun Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(1), 0–14.

Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharudin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail (ed.)). Gunadarma Ilmu.

Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159–164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6022

Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA SD. Ediide Infografika.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran.

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 332–337.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Pranatawijaya, V. H., & Priskila, R. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. 5(November), 128–137.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–872.

Ridho, C., Putri, R., & Purworejo, U. M. (n.d.). Media Pembelajaran Ipa Berbasis Literasi Sains. 398–405.

Rifa’i, I., Irwansyah, F. S., Sholihah, M. A., & Yuliawati, A. (2020). Dampak dan pencegahan wabah Covid-19: Perspektif Sains dan Islam -. Jurnal Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), 1–10.

Teguh, M. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Gerakan Literasi Sekolah Dasar, 2(1), 18–26.

Situmorang, R. P. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. Satya Widya, 32(1), 49.

Suparlan, S. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298–311.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Shahida, S. P. ., Maksum, A., & A.R., S. (2021). MODUL LITERASI SAINS BERBASIS PEMBELAJARAN DARING MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 162-171. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1064