PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TEKANAN ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1074Abstract
IPA yang merupakan salah satu materi pembelajaran yang mudah dipelajari melalui pengamatan langsung tetap membutuhkan sebuah media untuk menyampaikan isi dari suatu materi dan juga dapat digunakan untuk menarik rasa ingin tahu siswa, selain itu beberapa materi yang bersifat abstrak pun juga dapat divisualisasikan dengan konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi tekanan zat cair untuk hasil belajar SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain Post-test Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri I Beji pada kelas VIII semester genap 2020/2021. Data hasil belajar diperoleh melalui instrumen tes berupa pilihan ganda dan uraian. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Downloads
Keywords:
IPA, video, hasil belajar, aktivitas tulisReferences
Agustin, R. A., Mahardika, I. K., & Wicaksono, I. (2020). Learning Of Science With Inquiry Learning Models With Pictorial Riddle The Relationship With The Critical Thinking Skills Of Smp Students. ScienceEdu. 3(2):7.
Baity, W. L. N. (2019). Demonstration Learning Berbasis Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. ScienceEdu. 8.
Carsel HR, H. S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Yogyakarta : Penebar Media Pustaka.
Eso, R., & Rahmia, S. (2014). Penggunaan Media Praktikum Berbasis Video Dalam Pembelajaran Ipa- Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Perubahannya. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika. 10: 269–273.
Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Kelas X SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3): 7.
Fitriyati, I., & Hidayat, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. 1(1): 8.
Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 5.
Insani, M. D. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan Dalam Pembelajaran Pada Guru Ipa Smp Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 13.
Jayantika. Payadnya, I. dan Trisna, I. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta:Deepublish.
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.
Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal I-Afkar, 05(1), 27.
Mutia, R., Adlim, & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V5i2.9825
Pintara, G. J., Sutarto , & Indrawati. (2013). Pengembangan Metode Diskusi Foto Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Pada Siswa Sma. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 2(3), 356.
Puspaningrum, A., Mahardika, I. K., & Supriadi, B. (2015). Peningkatkan Kemampuan Multirepresentasi Ipa (Fisika) Dengan Model Quantum Learning Disertai Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas Viii-A Smp Negeri 7 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, 03(04), 7
Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Peguasaan Konsep IPA Siswa SMP Pada Materi Tekanan Pada Zat Cair Dan Aplikasinya. Jurnal Pendidikan Sains, 04(3), 102–112.
Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Smp Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1). Https://Doi.Org/10.24127/Jpf.V3i1.21
Siska, J., Selviani, D., & Herianto, A.( 2020). Pemanfaatan Media Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik Di Smp Negeri 14 Bengkulu Tengah. JDER Journal of Dehasen Education Review, 1(2), 93–97.
Sugiyono.(2012).Metodologi Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukowati, K. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Materi Gaya Dan Gerak Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Via Sdn Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 03(4), 69–78.
Suratun, Irwandani, & L, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terinegrasi Chanel Youtube: Pengembangan Pada Materi Cahaya Kelas Viii Smp. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(03), 271–282.
Wulandari, F. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Audio-Visual Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Agama Islam Surakarta
Yamin, M. R., & Karmila. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cartoon Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Lingkungan Kelas III SD. Jurnal Biology Teaching and Learning, 2(02), 159–170.
Yonata, B. P., Prasetyo, Z. K., & Hastuti, P. W. (2020). PENGARUH METODE SIMULASI BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 73-84. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.645
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2)
Yunita, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMP 1 Darussalam. Skripsi. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi