PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPS KELIMUTU ENDE TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.108Abstract
Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Kelimutu Ende melalui model pembelajaran problem solving. Penelitian ini termasuk jenis penelitin tindakan kelas yang terjadi dalan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan soal tes sebanyak 5 butir. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Kelimutu Ende tahun pelajaran 2018/2019. Hasil ini terbukti dari peningkatan presentasi ketuntasan hasil belajar siswa, dimana apda siklus I sebesar 69%, meningkat pada Siklus II sebesar 86%.
Downloads
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Solving, Hasil BelajarReferences
Delima, 2019. penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMP Swasta Kelimutu Endetahun pelajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan, ende: program pendidikan fisika.
Depdiknas, 2003. Desain Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hasbulla. 2012. Dasar–Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Kulsum & Nugroho. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Diakses dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej.
Risa Umami, Marungkil Pasaribu, & Amran Rede. (2010). Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Bajawali Kecamatan Lariang Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 2 ISSN 2354-614X.
Seni, M., Minggu, P., & Kaleka, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAK Taruna Vidya Ende. Jurnal Dinamika Sains, 2(1), 61-66. http://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/164
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi