PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN RENDAH
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.110Abstract
Masa transisi dari tingkat sekolah menengah atas (SMA) ke bangku perguruan tinggi menyebabkan mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam membedakan berbagai jenis tumbuhan tingkat rendah dengan hanya berdasarkan pada konsep teoritis saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa pendidikan Biologi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 program studi pendidikan Biologi yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pre test dan post test yang dilihat dari hasil akhir ujian semester 2 (dua) tahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan hasil post test lebih tinggi dari hasil pre test yaitu 82,13. Hasil ini didukung pula oleh nilai thitung > ttabel, yakni 44,370 > 2,023 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 39. Berdasarkan nilai thitung, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Dengan demikian, maka penggunaan media pembelajaran pada mata kuliah botani tumbuhan rendah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi
Downloads
Keywords:
media pembelajaran, prestasi belajarReferences
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, T., Mujasam, Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal curricula 2 (1): 47 – 58.
Herliani. 2016. Implementasi Model Kurikulum Mata Kuliah Berorientasi Abad 21 pada Mata Kuliah Botani Tingkat Tinggi untuk Memberdayakan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains 2016 pp 1 – 6. ISBN: 978-602-72071-1-0.
Maharani, M., Wati, M., Hartini, S. 2017. Pengembangan Alat Peraga pada Materi Usaha danEnergi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains melalui Model Inquiry Discovery Learning (IDL) Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 5 (3): 351 – 367.
Muzaky, A. F. & Handhika, J. 2015. Penggunaan Alat Peraga Sederhana Berbasis Teknologi Daur Ulang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Vektor dalam Kelas Remedial SMKN 1Wonoasri Tahun Pelajaran 2014/2015. Prosiding Semnas Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 6 (1): 129 – 134.
Ngongo, P. K. & Gafur, A. 2017. Hubungan Keterlibatan dalam Organisasi BEM dengan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis Mahasiswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 4 (1): 101 – 112.
Setiawan, M. A., Budiretnani, D. A., & Utami, B. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Student Facilitator and Explaining terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri pada Pokok Bahasan Fungi. Jurnal Florea Volume 4 (1): 1 – 4.
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi 11 (2): 103 – 107. DOI: 10.19184/jpe.v1li2.6454.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi