This is an outdated version published on 2019-09-02. Read the most recent version.

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI SDN ROJA 1 ENDE

Authors

  • SUFIA Sekolah Dasar Negeri Roja 1 Ende

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.113

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IV setelah diterapkan media gambar dalam pembelajaran IPS di SDN Roja 1 Ende. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar bagi peserta didik kelas IV SDN Roja 1 Ende dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 17 orang terdiri dari laki-laki 9 Orang dan perempuan 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dan soal tes untuk mengetahui prestasi belajar dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, terlihat dari hasil belajar yang diperoleh pada siklus I rata-rata kelas mencapai 59,76 dan ketuntasan belajarnya mencapai 41.17% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,41 dan ketuntasannya mencapai 100 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Media, Gambar, Prestasi, Belajar

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Surhasimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Bumi Aksara

Umar, Arsyad dkk. 2007. IPS Terpadu. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pertama

Riyanto, 2009. Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Sardjiyo, 2007. Pendidikan IPS Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sadiman, Irawan S. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Winardi, Tantia Hisnu P. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan

Downloads

Published

2019-09-02

Versions

How to Cite

SUFIA. (2019). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI SDN ROJA 1 ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 42-49. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.113