PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS LAPANGAN DAN LABORATORIUM (MPALL) PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP

Authors

  • Wahyuning Putri Lestari Universitas Jember
  • Sutarto Sutarto Universitas Jember
  • Mochammad Iqbal Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quasi experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 1 Purwoharjo. Metode yang digunakan untuk menentukan tempat penelitian adalah metode purposive sampling. Sampel ditentukan dengan menggunakan uji homogenitas berupa nilai pelajaran semester ganjil kelas VII. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrument pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji t – pihak kanan. Hasil analisis data menggunakan uji independent sample t test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 yang artinya nilai lebih kecil dari pada (Sig. < 0.05) maka Ho ditolak dan Hi diterima. Sehingga, kesimpulan penelitian ini adalah pemanfaatan model pembelajaran analisis lapangan dan laboratorium (MPALL) pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

MPALL, Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan, Keterampilan Berpikir Keritis

References

Bakhtiar, D., Supriadi, B., dan Gani, A. A. 2017. Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbasis Kearifan Lokal Melalui Model Pembelajaran Aktivitas Lapangan dan Laboratorium (MPALL). FKIP e-Proceeding, 2(1), 5-5.

Dewi Larasati, A. R. D. I. A., dan Nurul Hidayati, S. I. T. I. 2018. Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Berbasis Model Guided Discovery pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(02).

Fatmawati, E. T. dan S. Sujatmika. 2018. Efektivitas Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika. 2(2): 163-171.

Hardisman, 2020. Tanya Jawab Analisis Data: Prinsip Dasar dan Langkah-Langkah Praktis Aplikasi pada Penelitian Kesehatan dengan SPSS. Sumatera Barat: Guepedia

Hastjarjo,T. 2019. Rancangan eksperimen-kuasi. Buletin Psikologi. 27 (2) : 187 – 203

Irawan, D. 2020. Pengembanagan Buku Teks Pembelajaran Membaca Berbasis Pendekatan Proses untuk SD. Purwokerto: Penapersada

Jamaluddin, J., Jufri, A. W., Muhlis, M., & Bachtiar, I. 2020. Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(1), 13-19.

Mansur, M., dan Salim, A. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Fisika Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Ternate. Saintifik@, 3(1).

Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press

Melisa, 2020. Siapa Bilang Mengajar Matematika Sulit. Sumatera Barat: Guepedia

Pamungkas, A., Subali, B., dan Linuwih, S. 2017. Implementasi model pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118-127.

Samsudin, M. D. I. 2016. Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan (Outdoor Study) dan Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 261-276.

Sofa, S. Z., Juniarso, T., dan Pramulia, P. 2020. Implementasi Pembelajaran Di Luar Kelas Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas V Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 SDN Ketabang Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 13-26.

Sutarto, 2012. Pembelajaran Secara Nominal dan Fungsional Sebagai Reoritasi Pendidikan Sains. Prosiding Seminar Nasional Sains

Oktaviarini, N. 2017. Penerapan Model Character Project Citizen (Cpc) Berbasis Outdoor Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Ips (Studi Pada Siswa Kelas Iv Sdn Talun 05 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 2(02).

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Lestari, W. P. ., Sutarto, S., & Iqbal, M. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ANALISIS LAPANGAN DAN LABORATORIUM (MPALL) PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 191-200. https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1149