This is an outdated version published on 2019-09-02. Read the most recent version.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN ROJA 1 ENDE

Authors

  • RUBIAH SONYAR ABUBEKAR Sekolah Dasar Negeri Roja 1 Ende

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.115

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SDN Roja 1 Ende dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di IV SDN Roja 1 Ende. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi batang pada tumbuhan 57,49%, sedangkan pada sikus II diperoleh rata-rata 83,27%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajara kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatakan hasil belajar IPA peserta didik kela IV SDN Roja 1 Ende Kecamatan Ende Selatan Kabupaten Ende.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Pembelajaran, Kooperatif, STAD, Hasil Belajar

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Ekawarna, 2012. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: BumiAksara.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

M. Sobry Sutikno.2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara

Moleong. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta. Gundukusuman

Taniredja, Tukiran, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model PembelajaranTerpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-09-02

Versions

How to Cite

ABUBEKAR, R. S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN ROJA 1 ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 57-63. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.115