PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS REPORT TEKS BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.117Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis report teks bahasa Inggris melalui penggunaan model pembelajaran Mind Mapping pada mahasiswa semester II program studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Taggart. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis report teks dalam bahasa Inggris melalui penggunaan model pembelajaran mind mapping mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat mulai dari pra-siklus dengan rata-rata sebesar 36 dengan kategori “rendah”, siklus I meningkat menjadi 55 masih pada kategori “rendah”, dan pada siklus II rata-rata kemampuan menulis teks report bahasa Inggris meningkat menjadi 77 dengan kategori “baik”.
Downloads
Keywords:
Kemampuan Menulis Report Teks, Mind MappingReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Edward,C. (2009). Mind Map untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Sakti
Hughes, A (2003). Testing for Language Teachers (2nded). Cambridge; New York: Cambridge University Press.
Downloads
Published
Versions
- 2020-08-26 (2)
- 2019-09-02 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi