PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU-GURU SDK WATUROKA MENGENAI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Martina Yasinta Ngozo Sekolah Dasar Katholik Waturoka

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SDK Waturoka dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual serta melaksanakan pembelajaran kontekstual melalui penerapan supervisi akademik. Penelitian ini merupakan jenis penelitan tindakan sekolah. Subyek penelitian merupakan guru-guru SDK Waturoka yang berjumlah 3 orang. Prosedur penelitian dilakukan secara siklik dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran berbasis kontekstual dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan pemahaman guru-guru SDK Waturoka mengenai pembelajaran kontekstual

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Supervisi, Akademik, pembelajaran, kontesktual

References

Astuti, S. 2017. Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD laboratorium UKSW. Jurnal Scholaria, Vol. 7 No 1, hal. 49-59

Engkoswara dan Aan Komariah, (2015), Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Purwanto, N. 2014. Administrasi dan supervisi pendidikan . Bandung: Remaja Rosdakarya

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukri, Mardiana. 2014. Penerapan contextual teaching learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V SDN Inpres Balaroa Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 01 Nomor 02.

Suraiya, dkk, (2016), “Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru”, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 4. No. 1, http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2616,

Downloads

Published

2019-09-02 — Updated on 2020-08-26

Versions

How to Cite

Martina Yasinta Ngozo. (2020). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GURU-GURU SDK WATUROKA MENGENAI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 78-84. https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.118 (Original work published September 2, 2019)