ETNOMATEMATIKA: APLIKASI BANGUN DATAR DAN BANGUN RUANG PADA ALAT MUSIK TRADISIONAL WOLOTOPO KABUPATEN ENDE
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v3i1.120Abstract
Matematika sebagai bentuk budaya, sesungguhnya telah terintegrasi pada seluruh aspek kehidupan masyarakat di manapun berada. Dengan demikian matematika seseorang dipengaruhi oleh budayanya. Dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah tujuan guru adalah membentuk skema baru. Oleh sebab itu dalam mengajar matematika formal, guru sebaiknya memulai dengan matematika yang tidak formal yang diterapkan oleh anak di masyarakat. setiap daerah memiliki budaya, salah satu objek kajian etnomatematika adalah alat music tradisional Wolotopo-Ende. Tujuan dari penelitian eksplorasi dengan pendekatan etnografi ini adalah untuk menggali dan mengeksplorasi konsep matematika apa saja yang terdapat pada alat music tradisional Wolotopo-Ende yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar matematika serta upaya untuk mengembangkan etnomatematika sebagai basis pembelajaran matematika. Melalui eksplorasi, dokumentasi, studi literatur, dan observasi di kampung Wolotopo-Ende, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat konsep matematika bangun ruang bentuk tabung yang terdapat pada Lamba/Gendang dan bangun datar bentuk lingkaran yang terdapat pada Nggo/Gong.
Downloads
Keywords:
Etnomatematika, Bangun Datar, Bangun Ruang, Alat MusicReferences
Wulandari & Kadek. R.P. (2016). Budaya Dan Implikasinya T erhadap Pembelajaran Matematika: Santiaji Pendidikan. 31-36. diunduh dari https://jurnal.unmas.ac.id/vol.6, No.1, Januari 2016/ ISSN 2087-9016.
Marsigit Rahayu. C. Dafid. S.S. Sylviyani. H. (2017 ) . Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika: Jogjakarta. 20-36. Diunduh dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/article/ ISBN: 978-602-6258-07-6
Hardiari, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada candi Muoro Jambi: Aksioma, 99-103. diunduh dari https://www.researchgate.net>3214, / vol. 8, No. 2,November 2017/ e-ISSN 2579-7464
Downloads
Published
Versions
- 2020-08-26 (2)
- 2019-09-02 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi