HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 TINGGIMONCONG
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian survey, yang bersifat korelasional yang bertujuan
untuk mengetahui: (1)gambaran empiris tentang kecerdasan emosional dan motivasi belajar
fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (2)
Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional
dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (3)Untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar fisika dengan
hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (4)Untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan
motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1
Tinggimoncong
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1)kecerdasan emosional peserta didik
kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong berada dalam kategori tinggi (2)motivasi belajar
fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong berada dalam kategori sangat
tinggi (3)hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong berada
dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa (1)
terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika
peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (2)terdapat hubungan yang
signifikan antara motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X
SMA Negeri 1 Tinggimoncong, (3)terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan
emosional dan motivasi belajar fisika dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA
Negeri 1 Tinggimoncong
Downloads
Keywords:
Kecerdasan emosiuonal, motivasi belajar, hasil belajarReferences
Ali, Sidin dan Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djaali dan Muljono, Pudji. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi