EVALUASI KEMAMPUAN GURU FISIKA SMA DALAM MENYUSUN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
kesenjangan, yaitu menekankan pada pandangan adanya kesenjangan di dalam
pelaksanaan program. Tempat penelitian di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara
Timur, yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan April tahun 2013.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru fisika SMA/MA yang berjumlah 33 orang.
Karena kondisi wilayah yang sangat luas, maka dari populasi tersebut diambil sampel
sebanyak 20 orang yang tersebar dalam 12 SMA/MA dari total 23 SMA/MA yang ada di
Kabupaten Ende secara purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar
dokumentasi dan lembar kuesioner. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi
dan metode kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru fisika SMA/MA di Kabupaten
Ende dalam menyusun instrumen penilaian hasil belajar termasuk dalam kriteria tinggi
(nilai 3,97) pada skala nilai 5 atau 1,00 s.d 5,00. Dilihat dari masing-masing variabel
diperoleh: 1) kemampuan guru fisika SMA/MA dalam menyusun kisi-kisi soal ulangan
akhir semester termasuk dalam kriteria tinggi (nilai 3,62), 2) kemampuan guru fisika
SMA/MA dalam menyusun soal ulangan akhir semester termasuk dalam kriteria sangat
tinggi (nilai 4,31).
Downloads
Keywords:
instrumen, penilaianReferences
Depdiknas, (2004). Pedoman pengembangan tes objektif. Lampiran 21 SK Rektor no. 275/J31/KEP/2004. Universitas Terbuka.
Depdiknas, (2005). Undang-undang republik indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jakarta: CV. Laksana Mandiri.
Depdiknas, (2007). Peraturan menteri nomor 20 tahun 2007, tentang standar penilaian pendidikan.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyususnan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Fernandes, H.J.X. (1984). Evaluation of educational program. Jakarta: National Education Planning, evaluation and curriculum development.
Kaufman, R. & Thomas, S. (1980). Evaluation without fear. New York:
New Viewpoints.
Mulyasa, E., (2008). Standar kompetensi dan sertifikasi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin. (2004). Evaluasi program pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sukardjo, & Lis Permana Sari. (2008). Penilaian hasil belajar kimia. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.
Widoyoko P. Eko. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko P. Eko, (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zainal Arifin, (2009). Evaluasi pembelajaran prinsip, teknik, prosedur.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi