PENGARUH PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran STAD terhadap: (1)
kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) sikap ilmiah peserta didik, (3) kemampuan
berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan menggunakan desain eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang lebih signifikan
dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output nilai t sebesar 5,83 dan
2,71 pada taraf signifikansi 0,00 (signifikansi < 0,05); (2) penerapan pembelajaran kooperatif
tipe STAD mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dan positif terhadap sikap ilmiah
peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan
dengan output nilai t sebesar 7,47 dan 4,85 pada taraf signifikansi 0,00 (signifikansi < 0,05);
(3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang lebih
signifikan dan positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik
dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dan hal ini ditunjukkan dengan output
nilai F sebesar 4,184 dengan signifikansi sebesar 0,00 (signifikansi < 0,05)
Downloads
Keywords:
STAD, kemampuan berpikir kritis, sikap ilmiahReferences
Beaumont, J. (2010). A Sequence of Critical Thinking Tasks. Feature
Articles, TESOL Journal 1.4.
Damanik, D. P., & Bukit, N. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran FisikaMenggunakan Model
Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Online Pendidikan Fisika ISSN 2301-7651, Vol. 2 (1)
Fahim, M., & Pezeshki, M. (2012). Manipulating Critical Thinking Skills
in Test Taking. International Journal of Education, ISSN 1948-5476, Vol. 4, No. 1. Macrothink Institute.
Goldstone, J. M., & Downey, L. (2013). Your Science Classroom Becoming an Elementary/middle School Science Teacher. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.
Gredler, E. M. (2013). Learning and Instruction (6st ed). (Terjemahan Tri Wibowo B. S).
Mc-Graw Hill Pearson.Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research. London: The McGraw-Hill CompaniesLinney. (2008). Physics, Astronomy and Astrophysics. Quality Assurance Agency for Higher Education ISBN 978 1 84482 805 0
Mishra, S. (2013). Science Attitude as a Determinant to Educational Aspiration in Students. International Journal of Engineering Inventions, e-ISSN: 2278-7461, p-ISSN: 2319-6491 vol. 2, Issue 9, PP: 29-33.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational Assessment of Students.New Jersey: Pearson Education Inc.
Sari, D., & Sugiyarto, K. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis
Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Volume 1 No. 2 (153-166).
Slavin, E. R. (1991). Student Team Learning: A Practical Guide to Cooperative Learning 3rd. Washington: National Education Association
Tiantong, M., & Teemuangsai, S. (2013). Student Team Achievement Division (STAD) Technique through the Moodleto Enhance Learning Achievement. International Education Studies; Vol. 6, No. 4. Published by Canadian Center of Science and Education.
Watkins, C., Carnell, E., & Lodge, C. (2007). Effective Learning in Classroom. City Road: MPG Books Group.
Yeung, H. C. H. (2015). Literature Review of The Cooperative Learning Strategy-Student Team Achievement Division (STAD). International Journal of Education ISSN 1948-5476. 2015, Vol. 7, No. 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi