PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUKAN MEDIA ANIMASI: DAMPAK HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Authors

  • ahmad efendi IAIN Palangka Raya
  • Hadma Yuliani IAIN Palangkaraya
  • Mukhlis Rohmadi IAIN Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1292

Abstract

Proses pembelajaran fisikai pada materi suhu dan kalor dengan menerapkan model problem basedi learningi (PBL) perlu dibantu dengan media pembelajaran agar mudah dipahami peserta didik karena berpengaruh pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan signifikan hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik sebelum dan setelah menerima model pembelajaran problem based learning berbantukan media animasi. Pendekatan yang digunakan adalah pra-eksperimen. Desain penelitian yaitu one-group pretest-post test design menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian dilakukan di kelas XI MIA MA Hidayatul Insan Palangkaraya Semester Genap 2020/2021. Instrumen yang dipakai adalah tes hasil belajar kognitif dan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada peningkatan yang signifikan dari hasil belajar kognitif dan berpikir kritis peserta didik dengan model pembelajaran problem based learning berbantukan media animasi pada materi suhu dan kalor (sig. 0,000 < 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

model problem based learning, media animasi, hasil belajar kognitif dan berpikir kritis

References

Choridah, Tresnawati, D. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposissi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 43-51

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djupanda, H. (2014). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT),3(2),29-34

Dwi, Arif dan Sentot. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(2), 8-17.

Dwi, I.M., H. Arif, dan K. Sento. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Permahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia,9(8), 8-17.

Dzulfikar, A., Asikin, M. & Hendikawati, P. (2012). Keefektifan Problem Based Learning dan Model Eliciting Activities terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematic s Education-UJME, 1(1).

Ertmer, Pegg, A. (2014) The Grand Challenge: Helping T eachers Learn/ Teach Cutting-Edge Science via a PBL Approach. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning,8(1), 8-20.

Exline. (2004). Workshop: Inquiry-based Learning.

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern : Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Yogyakarta.

Fitri, A. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika Dasar Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal PP,1(2), 159-165.

Gunantara, G & Nanci R, (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-10.

Hadiono, & N. A, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya.

Ibrahim, B. (2009). “The Effect of Problem-Based Learning Instruction on University Students’ Performance of Conceptual and Quantitative Problems in Gas Concepts”, Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education/ Vol 5 No. 2, 153-164.

Karina, N. K. D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha,4(2),1-11

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum.

Liliawati, W. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA,16(2),93-98

Lindawati. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen. Jurnal Radiasi, 3(1),42-45

Luthvitasari, N., Made, N. D. P., dan Linuwih, S. (2012). Implementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Kemahiran Generik Sains. Journal of Innovative Science Education,1(2),93-97

Mihardi, S., Harahap, M. B., Sani, R. A. (2013). The Effect of Project Based Learning Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems. Journal of Education and Practice,4(2),188-200

Permadi, D. (2018). Pengembangan Modul E-Learning Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya,2(2),1-12.

Potter, K., & Kustra, E. (2012). A primer on learning outcomes and the solo taxonomy. Centre for Teaching and Learning. University of Windsor.

Rais, M. (2010). Model Project Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran,43(3),246-252

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil belajar dan Motivasi Belajar Peserta didik Materi Sistem Kelistrikan Otomotif.

Susilo. (2012). Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berfikir Kritis. Unnes Science Education.

Supraktiknya, & Kristiyanti, T. (2014). Efektivitas Metode Problems Based Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Teori Psikologi Kepribadian II. Jurnal Psikologi,33(1),17-32.

Wulandari, B. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi,3(2),178-190.

Yaumi, M. (2016). Action Research, Teori, Model & Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

efendi, ahmad, Yuliani, H. ., & Rohmadi, M. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUKAN MEDIA ANIMASI: DAMPAK HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 52-58. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1292