PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SOFTWARE VISUAL ANALYZER (VA) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Authors

  • YASINTA EMBU IKA Universitas Flores
  • MADLAZIM Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • MUSLIMIN IBRAHIM Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri
terbimbing menggunakan software visual analyzer (VA) pada materi interferensi
gelombang bunyi untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA.
Pengembangan pembelajaran menggunakan model 4-D tetapi hanya sampai pada
tahap pengembangan (develop) karena hasil pengembangannya diterapkan terbatas
pada sekolah tempat penelitian dan diujicobakan di kelas XII IPA SMA Santa
Maria Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa
sebanyak 20 orang menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Perangkat
pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, LKS, BAS dan tes hasil belajar
yang meliputi aspek pengetahuan, keterampilan proses dan sikap. Temuan
penelitian yaitu: perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid, tes
hasil belajar berkategori baik, keterlaksanaan RPP dalam pembelajaran
berkategori baik, respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif,
aktivitas siswa berkategori baik, semua siswa mencapai ketuntasan hasil belajar
dengan skor peningkatan (normal-gain) sedang, dan hambatan dalam pembelajaran
inkuiri terbimbing adalah kurangnya pemahaman siswa dalam merumuskan
masalah, merumuskan hipotesis dan menentukan variabel percobaan. Berdasarkan
hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri
terbimbing menggunakan software VA untuk melatihkan keterampilan proses sains
siswa SMA pada materi interferensi bunyi layak digunakan dalam pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Interferensi gelombang bunyi, inkuiri terbimbing, Visual Analyzer (VA), keterampilan proses sains siswa

References

Accattatis, A., Salmeri, M., Mencattini, A., Rabottino, G., Lojacono, R. (2008). ”Visual analyser: a sophisticated virtual measurements laboratory for students”16th imeko tc4 symposium exploring new frontiers of instrumentation and methods for electrical and electronic measurements Sept. 22-24, 2008, Florence,Italy

Ibrahim,M. (2002). Assesmen berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Kadri, S., Rosly Jaafar, Wan Zul Adli and Anis Nazihah. (2013). “Physics demonstration of sound waves using Visual Analyser”.

Department of Physics, University Pendidikan Sultan Idris, 35900 Tanjong Malim,Perak Malaysia.

Khaeruddin, S. (2004). “Berbagai Model Pembejaran Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis“. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol. 2 Nomor 2. Jakarta FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Nur, M. (1998). Teori-Teori Perkembangan. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Surabaya Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Nur, M dan Wikandari, P.R. (2008). Pengajaran Berpusat kepada Mahasiswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: Pusat Sains Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Semiawan, C. (1992). Panduan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2017-09-02

How to Cite

YASINTA EMBU IKA, MADLAZIM, & MUSLIMIN IBRAHIM. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN SOFTWARE VISUAL ANALYZER (VA) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 58-70. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/130