IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI ANALOGI OBJEK DAN MODEL-MODEL BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ERA DIGITALISASI
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1362Abstract
Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dapat dilakukan melalui model integrasi mata pelajaran, yang mana karakter-karakter positif diajarkan melalui integrasi pada setiap pokok bahasan. Pada mata pelajaran biologi, integrasi pendidikan karakter dapat dilakukan melalui metode analogi objek dan model biologi. Pendidikan karakter melalui analogi fenomena biologi yang berbasis kearifan lokal telah lama diwariskan secara turun temurun melalui tradisi lisan dan masih diterapkan hingga saat ini di masyarakat propinsi NTT khususnya di pulau Flores. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang menganalisis dan mensintesis pengetahuan lokal berfokus pada tradisi lisan analogi objek dan model-model biologi berbasis kearifan lokal untuk dijadikan sumber pendidikan karakter. Beberapa temuan dari penelitian ini adalah beberapa petuah yang dapat dijadikan sebagai sumber pendidikan karakter diantaranya adalah boka ngere ki bere ngere ae gare sewiwi nunu selem, Muzi mae moe gho wae thia tholo thale, Muku ca’ pu’u neka woleng curup, teu ca ambo neka woleng lako dan lain sebagainya. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan salah satu acuan dalam pengembangan pendidikan yang berbasis kearifan lokal
Downloads
Keywords:
Pendidikan Karakter, Analogi, Kearifan LokalReferences
Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3 (2), 106-119.
Budiwibowo, S. (2013). Membangun Pendidikan Karakter Generasi Muda Melalui Budaya Kearifan Lokal di Era Global. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 3 (1), 39-49.
Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Lokal Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Pionir: Jurnal Pendidikan, 5 (2), 1-14.
Departemen Kajian Strategis. (2021). Satu Tahun Pandemi: Meningkatnya Kekerasan Basis Gender Online. LM Psikologi Universitas Gajah Mada. Diakses di https://lm.psikologi.ugm.ac.id/2021/03/satu-tahun-pandemi-meningkatnya-kekerasan-basis-gender-online/ pada 5 Mei 2022.
Ellitan, L. (2020). Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Maksipreneur Manajemen Koperasi dan Entrepreneurship, 10 (1), 1-12.
Hidayah, Y., Feriandi, Y. A., dan Saputro, E. A. V. (2019). Transformasi Kearifan Lokal Jawa Dalam Pendidikan Karakter Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6 (1), 50-61.
Ilmi, D. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Ungkapan Bijak Minangkabau. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 1 (1), 45-54.
Kahar, M. I., Cikka, H., Afni, N., dan Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Pengetahuan Sosial, 2 (1), 58-78.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Mufidah, L.L N. (2015). Pemikiran Gus Dur Tentang Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal. Jurnal Al-Tahrir, 15 (1), 91-110.
Musafiri, M. R. A. (2016). Peran Kearifan Lokal Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, VIII (1), 1-19.
Oktavianti, I dan Ratnasari, Y. (2018). Etnopedagogi Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2), 149-154.
Ramdhayani, E., Ibrahim, M dan Madlazim. (2015). Pembelajaran Sikap Melalui Analogi Dalam Mengajarkan Biologi. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5 (1), 874-884.
Rasyid, R. E. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 279-286. Diselenggarakan di Mataram 3 Agustus 2017.
Sakman dan Syam, S. R. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Bagi Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Supremasi, 15 (2), 101-111.
Suseno, N. (2014). Pemetaan Analogi Pada Konsep Abstrak Fisika. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (2), 1-10.
Wahyuni, D. E., dan Hasanah, S. A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pembentuk Karakter Bangsa. Seminar Nasional Pendidikan “Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal dalam Era MEA” dilaksanakan tanggal 17 Desember 2016 di Universitas Jember, Volume 1, 19-24.
Wiyono, H. (2012). Pendidikan Karakter dalam Bingkai Pembelajaran di Sekolah. Jurnal CIVIS, II (2), 1-18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi