PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1363Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan google classroom di masa pandemi terhadap hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi yang berjumlah 72 orang, dengan sampel penelitian berjumlah 34 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara dan dokumentasi, yang berupa data hasil belajar mahasiswa. Analisis data digunakan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan project based learning berbantuan google classroom di masa pandemic covid 19 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, yang diperoleh nilai t hitung = 11,597, dengan x bar = 15,353 nilai sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 dengan alfa 0,05
Downloads
Keywords:
Proyek, Google classroom, hasil belajarReferences
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., dan Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7 (1), 7-18.
Danurahman, J., Hermawan, H dan Mazid, S. (2021). Keefektifan Penggunaan Media Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Kalacakra, 2, (2), 65-74.
Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS FLORES PADA MASA PANDEMIK CORONA VIRUS DISEASE 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110-116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702
Esto, E., Daud, M. H dan Ilyas. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Jurusan IPA SMAN 1 Talibura. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3 (2), 42- 52.
Fauziah, C., Taufiqulloh, Sudibyo, H. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. Pancasakti Science Education Journal, 5 (2), 38-48.
Hendayana, Y. 2020. Tantangaan Dunia Pendiidkan di masa Pandemi. Di akses di https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tantangan-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi/umasDitjenDiktiKementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 13 Oktober 2021.
Kaleka, M. B. U., Ika, Y. E., & Deno, M. E. (2020). Stusi Kasus Manajemen Sistem Pembelajaran Google Classroom Pada Perkuliahan Alat Ukur Fisika. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 8(2), 159–164. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/6022
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Edureligia, 2 (2), 94-100.
Machali I. (2015). Statistik Itu Mudah Menggunakan SPSS Sebagai Alat Bantu Statistik. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Miarso, Y. (2016). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Murniarti, E.-. Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran. Diakses di http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/28-Erni-Murniarti.pdf pada tanggal 13 Oktober 2021.
Nusa, J. G. N. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Vulkanologi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7 (2), 210-214.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N dan Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6 (1), 60-71.
Su’uga, H.S., Ismayati, E., Agung, A.I dan Rijanto, T. (2020). Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 (3), 605-610.
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 5 (2), 247-254.
Sholihah, F. N dan Pertiwi, N. A. (2019). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Dasar-dasar Sains. Jurnal Edubiotik, 4 (2), 68-74.
Yance, R. D., Ramli, E dan Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah datar. Pillar of Physics Education, 1, 48-54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi