PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Authors

  • Maria Waldetrudis Lidi Universitas Flores
  • Maimunah H. Daud Universitas Flores

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian dengan judul penggunaan lembar
kegiatan siswa inkuiri terbimbing dengan pendekatan lingkungan untuk
meningkatkan pemahaman siswa. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah apakah ada peningkatan pemahaman siswa tentang
klasifikasi hewan setelah menggunakan LKS inkuri terbimbing dengan
pendekatan lingkungan? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah
untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi klasifikasi
hewan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan
dilaksanakan di Siswa kelas 7 SMPK Yos Sudarso pada bulan Agustus
tahun 2018. Desain penelitian menggunakan rancangan penelitian one
group pre test-post test design. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes sedangkan analisis data menggunakan penentuan skor sesuai
rubrik dan gain score. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa
terdapat peningkatan pemahaman siswa terkait materi yang terlihat
melalui peningkatan nilai dari pre test ke post test. Diperkuat dengan
nilai gain score 0.77 kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa
penggunaan lembar kegiatan siswa inkuiri terbimbing dengan
pendekatan lingkungan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 7
SMPK. Yos Sudarso pada materi klasifikasi hewan.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

LKS, inkuiri terbimbing, pendekatan lingkungan

References

Ambarsari, Santosa, & Maridi. (2012). “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Map Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA” . Jurnal Pendidikan Sains. 2(4). 221-229.

Astuti, Y & Setiawan, B. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(1) 88-92.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Lidi, M. W. (2017). “Remediasi Berkelanjutan Terintegrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Ekologi Pada Siswa SMA”. Jurnal Literasi. 2(2) 101-108.

Mujayanah. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Elektrokimia Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Akademik dan Hasil Belajar Siswa SMK (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Nurhidayah, Rahayu dan Martuti. (2014). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Inkuiri Terrbimbing Pada Materi Pengelolaan Lingkungan”. Unnes Journal of Biology Education. 3(1) 118-124.

Rustaman, Dirdjosoemarto, Yudianto, Achmad, Subekti, Rochintaniawati dan Nurjhani. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: IMSTEP UPI.

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widjajanti. (2008). Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan KTSP Bagi Guru SMK/MAK Di FMIPA UNY. Jogjakarta: Makalah Pengabdian Masyarakat.

Downloads

Published

2018-09-02

How to Cite

Maria Waldetrudis Lidi, & Maimunah H. Daud. (2018). PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 12-18. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/155