PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X SMA Se-KECAMATAN NANGAPANDA

Authors

  • ALOISIUS HARSO Universitas Flores

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil dan tipe
miskonsepsi siswa dalam pelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas X semester genap Sekolah Menengah Atas Sekecamatan
Nangapanda yakni adalah Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Nangapanda, Sekolah Menengah Atas Karya Nangapanda, dan MAS
Al-Iklas Anaraja. Jumlah populasinya adalah 220 siswa. 85 siswa
dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik Proporsional
random sampling. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah
miskonsepsi fisika siswa yang dikumpulkan melalui tes pemahaman
konsep fisika. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi siswa dalam
pelajaran fisika memiliki rerata 50.80 yang dikategorikan dalam
miskonsepsi tingkat sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Miskonsepsi, pembelajaran fisika.

References

Gregory, R. J. (2000). Psycologycal testing, history,principles, and applications. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Santyasa, I.,W. (2012). Pembelajaran Inovatif. Penerbit Undiksha Press. Singaraja.

Sardiman. (2005). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sihite, A. (2008). “Penggunaan model pembelajaran kontruktivisme dalam meminimalkan miskonsepsi siswa untuk mata pelajaran fisika”. Makalah. SMP Swasta Santu Fransiskus Aektolang, Pandang.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia.

Turkmen, H & E. Usta. (2007). The Role of Learning Cycle Approach Overcoming Misconseption in Science. Kastamonu Education Journal. 15(2) 1-10.

Widodo, H. (2015). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Jurnal Cendikia. 13(2). 293-307.

Wiersma, W. (1991). Research Methods in Education. Fifth edition. Boston: Allyn and Bacon.

Downloads

Published

2018-09-02

How to Cite

ALOISIUS HARSO. (2018). PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X SMA Se-KECAMATAN NANGAPANDA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 38-43. Retrieved from https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/160