PENGARUH MODEL INKUIRI BEBAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KARAKTER SISWA KELAS IX
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v2i1.162Abstract
Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui perbedaan prestasi
belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri bebas dengan
pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui peningkatan prestasi
belajar siswa setelah mengikuti model pembelajaran inquiri bebas, dan
3) untuk mengetahui perkembangan karakter siswa. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian di
laksanakan di SMPK Maria Goreti Ende Tahun Akademik 2017/2018.
Sampel penelitian adalah siswa kelas IXa sebagai kelas eksperimen
yang berjumlah 33 siswa dan kelas IXd sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik
purposive sampling. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil tes
awal dan tes akhir yaitu dengan jenis tes obyektif. Data perkembangan
karakter siswa diperoleh melalui kuisioner. Data hasil penelitian
dianalisis dengan uji-t dan uji gain. Hasil analisis dapat disimpulkan;
1) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa
Jurnal Dinamika Sains, ISSN: 2549-4929 JDS 2018, 2(1), 51
pada kelas eksperimen dengan siswa pada kelas kontrol, 2) ada
peningkatkan prestasi belajar siswa, dimana siswa yang mendapatkan
pembelajaran model inkuiri bebas mengalami peningkatan prestasi
belajar lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran model
konvensional, 3) model pembelajaran inkuiri bebas juga dapat
mengembangkan karakter siswa, terutama pada karakter rasa ingin
tahu, kreatif, jujur, percaya diri, disiplin, dan bertanggung jawab.
Downloads
Keywords:
Model inkuiri bebas, prestasi belajar, karakter siswaReferences
Amelia, O. T., Yurnetti, & Asrizal. (2013). Pembuatan LKS Fisika Berbasis ICT dengan Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Kelas X Semester 2. Pillar of Physics Education, 2(1), 89-96.
Benninga, J. S., M. Berkowitz, P. Kuehn, & K. Smith. (2003). The Relationship of Charakter Education Implementation and Academic Achievement in Elementary Schools. Journal of Research in Character Education, 1(1): 19-32.
Feinman, R. (1996). National Research Council (NRC). National Science Education Standatds. Washinton, DC: National Academy Press. 121-122
Meltzer, D.E. (2002). “The Relationsip Between Mathematics Prepartion and Conceptual Learning gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores”, American Journal of Physics. 70(7).
Riduwan, M.B.A. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Yildirim, N., S. Kurt, & A. Ayas. (2011). The Effect of the Worksheets on Studets’ Achievement in Chemical Aquilibrium. Journal of Turkish Science Education,. Tersedia di http://www.tused.org/. 8(3): 44-58
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi