EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X MIA MAN ENDE
Abstract
Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah
pendekatan saintifik berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil
belajar fisika topik impuls dan momentum kelas X MIA MAN Ende
tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
dan menganalisis efektivitas pendekatan saintifik berbasis inkuiri
dalam meningkatkan hasil belajar fisika topik impuls dan momentum
kelas X MIA MAN Ende tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian
adalah penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian pre-eksperimental dengan model one-shot case study.
Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MIA MAN
Ende yang berjumlah 172 orang dan sampel penelitian berjumlah 27
orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang
diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai hasil belajar fisika
peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji-t satu sampel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan pendekatan
saintifik berbasis inkuiri efektif dalam meningkatkan hasil belajar
fisika peserta didik topik impuls dan momentum kelas X MIA MAN
Ende tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan analisis
data pengujian hipotesis diperoleh thitung (4,181) > ttabel (1,706) pada
taraf signifikan (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 26.
Downloads
Keywords:
Pendekatan saintifik, inkuiri, hasil belajarReferences
Diana, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi di SMPN 08 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1).
Janawi. (2013). Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Nurdyansyah, & Eni F. Fahyuni. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Permendikbud. (2013). Jurnal Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Alfabeta: Bandung.
Riduwan. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi