PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMPS KELIMUTU ENDE
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPS Kelimutu Ende dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan metode eksperimen.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sampai memperoleh target ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar yaitu ? 70% dari 23 siswa yang menjadi subjek penelitian. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa, dan instrumen soal tes bentuk uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisi data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VII SMPS Kelimutu Ende dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mendapat skor ? 6 (34,78%) meningkat menjadi 73,91% pada siklus II . Ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMPS Kelimutu Ende dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning yaitu pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai ? 70 sebanyak 10 orang siswa (43,47%), pada siklus II meningkat menjadi 78,26% atau mencapai 18 orang siswa
Downloads
Keywords:
Model pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Eksperimen, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.References
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dajamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto & Raharjo, (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kanisius
Endang Mulyatiningsih. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa. E. (2013). Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, Karakteristik Dan Implementasi, Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Sadirman. (2009). Interaksi dan Motivasi Bealajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Wagiran. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi