PHYSICS VISUAL AUDIO MODULE DEVELOPMENT FOR VISUAL AUDITORY LEARNING STYLE : A FEASIBILITY TEST
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1771Abstract
Adanya kendala dalam mengajarkan dan memahami materi fisika yang bersifat abstrak, serta adanya panduan pembelajaran dan cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa menjadi masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan modul visual auditori dengan materi optika pemantulan dan pembiasaan yang layak untuk menyesuaikan gaya belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan desain penelitian model 4-D direduksi menjadi 3-D. Data diambil dengan menggunakan angket uji kelayakan. Teknis analisis data kelayakan dikembangkan dengan menggunakan model Mardapi. Pada angket uji kelayakan ini terdiri dari 11 pertanyaan dengan 3 indikator. Penguji dalam penelitian ini merupakan 40 mahasiswa pendidikan fisika dan fisika murni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Physics Visual Audio Module sangat layak digunakan sebagai panduan pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas dengan menyesuaikan gaya belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Downloads
Keywords:
Modul, Gaya Belajar, Visual AuditoriReferences
Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1(1), 36-51. DOI: http://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830
Astrini, Dhien. (2021). Korelasi antara gaya belajar siswa, kondisi ekonomi keluarga dan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1). DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.726
Bambang. S. E. dkk. (2016). Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 103-110. DOI: https://dx.doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.140
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Fatimah, S., Sarwanto, N.S.Aminah. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Modul Dan Buletin Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Inkuiri Universitas Sebelas Maret, 2(1), 114-120.
Hadi, W. S. dan Dwijananti, P. (2014). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas. Unnes Physics Education Journal (UPEJ), 3(1), 15-24. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v4i2.7431.
Kadir, Fitriani dkk. (2020). Pengaruah Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA PGRI Maros. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1), 91-95. DOI: https://dx.doi.org/10.46918/karst.v3i1.538
Mardapi Djemari, (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA, 2(2), 13-17. DOI: https://dx.doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Nesri, F. D. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Cetak dan Elektronik Materi Lingkungan ntuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas XI SMA Marsudirin untilan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/37641/2/161414022_full.pdf
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63. DOI: https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Tika, I.K. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(2): 97-104. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1743
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 19-27. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/40
Yulianci, S. dkk. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 10 (1), 40-44. DOI: https://dx.doi.org/10.37630/jpm.v10i1.328
Zainal, Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zulhaini, A. H. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2), 180-190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi