PHYSICS VISUAL AUDIO MODULE DEVELOPMENT FOR VISUAL AUDITORY LEARNING STYLE : A FEASIBILITY TEST

Authors

  • Nur Alsa Wulan Safitri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Salwa Rihhadatul Afifah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1771

Abstract

Adanya kendala dalam mengajarkan dan memahami materi fisika yang bersifat abstrak, serta adanya panduan pembelajaran dan cara mengajar guru yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa menjadi masalah utama yang dikaji dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan modul visual auditori dengan materi optika pemantulan dan pembiasaan yang layak untuk menyesuaikan gaya belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan  dengan  desain penelitian   model   4-D   direduksi menjadi  3-D. Data diambil dengan menggunakan angket uji kelayakan. Teknis analisis data kelayakan dikembangkan dengan menggunakan model Mardapi. Pada angket uji kelayakan ini terdiri dari 11 pertanyaan dengan 3 indikator. Penguji dalam penelitian ini merupakan 40 mahasiswa pendidikan fisika dan fisika murni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Physics Visual Audio Module  sangat layak digunakan sebagai panduan pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas dengan menyesuaikan gaya belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Modul, Gaya Belajar, Visual Auditori

References

Aji, S. D., Hudha, M. N., & Rismawati A. Y. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1(1), 36-51. DOI: http://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830

Astrini, Dhien. (2021). Korelasi antara gaya belajar siswa, kondisi ekonomi keluarga dan kedisiplinan siswa dengan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1). DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.726

Bambang. S. E. dkk. (2016). Kontribusi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembiasan Cahaya Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan MIPA, 3(1), 103-110. DOI: https://dx.doi.org/10.21580/phen.2013.3.2.140

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen PMPTK.

Fatimah, S., Sarwanto, N.S.Aminah. (2013). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Modul Dan Buletin Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Inkuiri Universitas Sebelas Maret, 2(1), 114-120.

Hadi, W. S. dan Dwijananti, P. (2014). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas. Unnes Physics Education Journal (UPEJ), 3(1), 15-24. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v4i2.7431.

Kadir, Fitriani dkk. (2020). Pengaruah Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA PGRI Maros. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 3(1), 91-95. DOI: https://dx.doi.org/10.46918/karst.v3i1.538

Mardapi Djemari, (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA, 2(2), 13-17. DOI: https://dx.doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Nesri, F. D. P. (2020). Pengembangan Modul Ajar Cetak dan Elektronik Materi Lingkungan ntuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21 Siswa Kelas XI SMA Marsudirin untilan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/37641/2/161414022_full.pdf

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63. DOI: https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Sujanem, R., Suwindra, I.N.P., & Tika, I.K. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web Untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(2): 97-104. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2%20Jul.1743

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 75-84. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 19-27. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/40

Yulianci, S. dkk. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 10 (1), 40-44. DOI: https://dx.doi.org/10.37630/jpm.v10i1.328

Zainal, Arifin. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zulhaini, A. H. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Hukum Newton Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di Man Model Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2), 180-190.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Wulan Safitri, N. A. ., Afifah, S. R. ., & Setiaji, B. . (2022). PHYSICS VISUAL AUDIO MODULE DEVELOPMENT FOR VISUAL AUDITORY LEARNING STYLE : A FEASIBILITY TEST . OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 59-69. https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1771