PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA SMP NEGERI 1 ENDE SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i1.1898Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi sistem pencernaan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ende Selatan Kabupaten Ende. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA peserta didik peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ende Selatan Kabupaten Ende? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ende Selatan yang berjumlah 20 orang terdiri dari 7 laki-laki dan 13 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pada kegiatan pra siklus prestasi belajar peserta didik mencapai ketuntasan sebesar 20% dengan kategori cukup. Sementara kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah adalah 75. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menerapkan metode demonstrasi pada siklus pertama ketuntasan preastasi belajar peserta didik mencapai 40% dengan kategori cukup, pada siklus kedua prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan mencapai 100%. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ende Selatan.
Downloads
Keywords:
Metode Demonstrasi, Perserta Didik, Prestasi BelajarReferences
Afifi, R. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 68–85.
Aryani, D. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Lagu-Lagu Daerah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 172–180. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i2.19760
Asma, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1135. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1135-1142.2021
Bonefasius Bofan. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Lembor Tahun Ajaran 2019/2020. EDUNET, 1(1), 40–52.
Ermawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA MelaluiMetode Pembelajaran Demonstrasi. Wahana Didaktika, 17(1), 21–28.
Gultom, D. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Kelas Viii-1 Smp Negeri 1 Patumbak. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 1(1), 18–23. https://doi.org/10.51178/jetl.v1i1.31
Handayati, S. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Belajar Ipa Siswa Kelas Vii. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.47387/jira.v1i2.30
Hunaidah, M., Armin, A., & Fayanto, S. (2018). Penerapan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Fisika. Quantum: Seminar Nasional. 25(2), 293–298. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/275
Mulyadi, M. (2018). Strategi Belajar Mengajar dengan Menerapkan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjaskes Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Tanjung. Jurnal Langsat, 5(1), 45–48.
Mulyono, O., Bustami, Y., & Julung, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi Sekolah Menengah Pertama Melalui Metode Demonstrasi. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(2), 15–19. https://doi.org/10.31932/jpbio.v2i2.220
Nahdi, et al. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf
Nur Aisyah, Yuyun Supriyani, & Hawaliyah, N. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. IDEAS, 7(1), 11–20. https://doi.org/10.32884/ideas.v
Putri, A. I. K. D., Putra, T. P., & Putra, P. D. A. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick disertai metode demonstrasi berbantuan media kokami. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 321–328.
Rifai, D. R. D. M. D. A. A. (2022). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X OTKP SMK YPKP Sentani Kab. Jayapura Papua. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 63–69.
Sa’diyah, H., Indrawati, & Handayani, R. D. (2015). Model Pembelajaran Concept Attainment Disertai Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP (Studi Eksperimen pada Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Fisika). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 224–229.
Selo Gu, M. K., Kaleka, M. B. U., & Ika, Y. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Nangapanda Tahun Pelajaran 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1-9. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327
Sembiring, B. R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi Pada Materi Suhu Dan Perubahannya Pada Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM INDONESIA (JPPIPAI), 2(1), 1–9. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11372/10779
Setiyawan, Rio Tri, Sutarto, & S. (2012). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Dengan Metode Demonstrasi Yang Dilengkapi Media Lingkungan Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 13 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 206–211.
Suardana, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tolak Peluru. Journal of Education Action Research, 3(3), 270–277. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17974
Subrata. (2016). Penerapan Meode Demonstrasi Pada Materi Asam Basa Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Scientia Indonesia, 1(1), 37–44.
Sukirnadi. (2020). Sukirnadi model selamanya berjalan efektif karena masih belajar yang telah disajikan oleh guru siswa sekirannya belum jelas . Selain itu , aktivitas siswa. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP, 5, 210–221.
Sulfemi, W. B. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158. https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf
Wijayanto, S., Asrul, A., & Tiro, A. R. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI-AL Ma’arif Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 62–68. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.778
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi