IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BESARAN DAN SATUAN DI SMA 4 TORAJA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2231Abstract
Pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal sangat diperlukan. Siswa yang telah memahami konsep dengan baik akan lebih mudah dalam menyelesaikan soal dibandingkan dengan siswa yang tidak memahami konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan besaran dan satuan di SMAN 4 Toraja Utara. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa kelas Xc SMAN 4 Toraja Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal berbeda-beda. Hal ini dilihat dari hasil tes siswa dalam menyelesaikan soal, dari tes tersebut diperoleh 5 siswa dalam kategori kurang paham dengan presentase (20,84), 8 siswa dalam kategori paham dengan presentase (33,33), 11 siswa dalam kategori sangat paham dengan presentase (45,83). Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa Ada siswa yang kurang paham, paham dan sangat paham dalam menyelesaikan soal sesuai dengan aspek pemahaman konsep yang terdapat dalam soal.
Downloads
Keywords:
Pemahaman, Penyelesaian Soal, Besaran dan SatuanReferences
Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R. (2010) ‘Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen’, yogyakarta: pustaka pelajar, 300(300), p. 0.
Annisa, R., Astuti, B. and Mindyarto, B. N. (2019) ‘Tes Diagnostik Four Tier untuk identifikasi pemahaman dan miskonsepsi siswa pada materi gerak melingkar beraturan’, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 5(1), p. 25. doi: 10.25273/jpfk.v5i1.3546.
Charli, L., Amin, A. and Agustina, D. (2018) ‘Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal fisika pada materi suhu dan kalor di kelas x sma ar-risalah lubuklinggau tahun pelajaran 2016/2017’, JOEAI: Journal of Education and Instruction, 1(1), pp. 42–50.
Florencia Ivani hananta, O. and Ratu, N. (2019) ‘Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Logaritma’, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), pp. 29–35. doi: 10.38114/riemann.v3i2.149.
Huda, M., Prihatni, Y. and Sumadi, S. (2014) ‘Pengaruh Penggunaan Media Kartun Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan’, COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2).
Indriani, I. (2020) ‘Pembelajaran Kooperatif Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Besaran dan Satuan’, DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 1(1), pp. 1–11.
Inzagi, A. (2019) ‘Masalah Pendidikan dan Pemecahan Masalah Pendidikan’, Journal of Education, Psychology, and Counseling, I(1), pp. 9–17. Available at: http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/849pe.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N. and Resbiantoro, G. (2018) ‘Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa’, SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1).
Kuncorowati, R. H., Mardiyana, M. and Saputro, D. R. S. (2017) ‘The Analysis of Student’s difficulties Based on Skemp’s Understanding Theorem at The Grade VII in Quadrilateral Topic’, International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), p. 318. doi: 10.20961/ijsascs.v2i1.16736.
Prastiwi, V. D., Parno, P. and Wisodo, H. (2018) ‘Identifikasi pemahaman konsep dan penalaran ilmiah siswa SMA pada materi fluida statis’, Momentum: Physics Education Journal. doi: 10.21067/mpej.v1i1.2216.
Purniati, T., Yulianti, K. and Sispiyati, R. (2019) ‘Penerapan Model Learning Cycle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Kapita Selekta Matematika’.
Radiko, E., Kurniawan, Y. and Muliyani, R. (2018) ‘Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya’, JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), p. 52. doi: 10.26737/jipf.v3i2.581.
Rosdianto, H. (2017) ‘Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton’, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(2), p. 66. doi: 10.25273/jpfk.v3i2.1288.
Nasution, S. W. R. (2019) ‘Pengaruh Penguasaan Pengukuran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Besaran dan Satuan’. Jurnal Education and Development, pp. 175–179.
Qudsi, F. T. and others (2014) ‘Pembelajaran tutor sebaya materi besaran dan satuan fisika’, Dinamika Pendidikan, 4(1).
Radiko, E., Kurniawan, Y. and Muliyani, R. (2018) ‘Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Zat dan Wujudnya’, JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), p. 52. doi: 10.26737/jipf.v3i2.581.
Sayyadi, M., Hidayat, A. and Muhardjito, M. (2016) ‘Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi suhu dan kalor dilihat dari kemampuan awal siswa’, Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), pp. 866–875.
Sumintono, B. and Widhiarso, W. (2015) Aplikasi pemodelan rasch pada assessment pendidikan. Trim komunikata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Lesensi