IDENTIFIKASI KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA SMA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK SATU DIMENSI

Authors

  • Yustiandi Yustiandi SMAN CMBBS
  • Duden Saepuzaman Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2414

Abstract

Interpretasi grafik merupakan salah satu bagian yang penting dalam mempelajari sains. Interpretasi grafik merupakan bagian dari representasi yang menunjukkan pemahaman konseptual siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan interpretasi grafik siswa SMA pada materi kinematika gerak satu dimensi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang melibatkan 843 siswa dari 34 sekolah yang tersebar di Provinsi Banten dan Jawa Barat. Pengumpulan data kemampuan membaca dan menginterpretasikan grafik kinematika diperoleh melalui tes objektif berbentuk two-tier multiple choice. Analisis dilakukan dengan melihat respon siswa pada instrument tes yang digunakan. Secara keseluruhan kemampuan interpretasi grafik siswa SMA kelas X pada materi kinematika masih sangat rendah, baik untuk interpretasi grafik kecepatan fungsi waktu, posisi fungsi waktu, maupun percepatan fungsi waktu. Kemampuan paling rendah diantaranya terkait penentuan kecepatan sesaat dari grafik posisi fungsi waktu dan penentuan perubahan kecepatan dari grafik percepatan sebagai fungsi waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Iterpretasi Grafik, Kinematika, SMA

References

Amin, B. D., Sahib, E. P., Harianto, Y. I., Patandean, A. J., Herman, H., & Sujiono, E. H. (2020). The interpreting ability on science kinematics graphs of senior high school students in South Sulawesi, Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 179-186.

Beichner, R. J. (1996). Test of Understanding Graphs in Kinematics. Resource CD to accompany Teaching Physics with the Physics suite by Redish.

Bektasli, B., & White, A. L. (2012). The Relationships between Logical Thinking, Gender, and Kinematics Graph Interpretation Skills. Eurasian Journal of Educational Research, 48, 1-19.

Bunawan, W., Setiawan, A., & Rusli, A. (2015). Penilaian pemahaman representasi grafik materi optika geometri menggunakan tes diagnostik. Cakrawala Pendidikan, 34(2).

Kekule, M. (2014). Students’ approaches when dealing with kinematics graphs explored by eye-tracking research method. In Proceedings of the frontiers in mathematics and science education research conference, FISER (pp. 108-117).

Kukliansky, I., Shosberger, I., & Eshach, H. (2016). Science Teachers’voice On Homework: Beliefs, Attitudes, and Behaviors. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(1), 229-250.

Manurung, S. R., Mihardi, S., Rustaman, N. Y., & Siregar, N. (2018). Improvement of Graph Interpretation Ability Using Hypertext-Assisted Kinematic Learning and Formal Thinking Ability. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 14(1), 1-6.

Maries, A., & Singh, C. (2013). Exploring one aspect of pedagogical content knowledge of teaching assistants using the test of understanding graphs in kinematics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 9(2), 020120.

Nathani, D., Chauhan, J., Sharma, C., & Kaul, M. (2019). Learning attention-based embeddings for relation prediction in knowledge graphs. arXiv preprint arXiv:1906.01195.

Nugraha, A., & Saehana, S. Darsikin.(2016). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Grafik Kinematika. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 77-88.

Parmalo, Y., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2016). Deskripsi Kemampuan Menafsirkan Grafik Kinematika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Sungai Kakap. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7).

Redding, C. W. (2014). Effect of predicting motion on student understanding of kinematic graphs.

Saepuzaman, D., & Yustiandi, Y. (2017). Pengembangan Alat Peraga dan Lembar Kerja Percobaan Penentuan Koefisien Restitusi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Bereksperimen. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 145-150.

Subali, B., Rusdiana, D., Firman, H., & Kaniawati, I. (2015). Analisis kemampuan interpretasi grafik kinematika pada mahasiswa calon guru Fisika. Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS), 269-272.

Sukarmin, M., Suparmi, M., & Ratnasari, D. (2017, October). The Implementation of Two-tier Multiple Choice (TTMC) to Analyse Students' Conceptual Understanding Profile on Heat and Temperature. In International Conference on Teacher Training and Education 2017 (ICTTE 2017) (pp. 362-372). Atlantis Press.

Vaara, R. L., & Sasaki, D. G. G. (2019). Teaching kinematic graphs in an undergraduate course using an active methodology mediated by video analysis. LUMAT: International Journal on Math, Science and Technology Education, 7(1), 1-26.

Wahyuni, S., Lesmono, A. D., & Fitriya, S. (2021). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory) pada Pembelajaran Fisika di SMP/MTs. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 272-277.

Zavala, G., Tejeda, S., Barniol, P., & Beichner, R. J. (2017). Modifying the test of understanding graphs in kinematics. Physical Review Physics Education Research, 13(2), 020111.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Yustiandi, Y., & Saepuzaman, D. . (2023). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA SMA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK SATU DIMENSI. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 23-31. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2414