EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMPN 1 BAJAWA UTARA

Authors

  • Sefrasia Falentina Misa Universitas Flores
  • Maria Waldetrudis Lidi Universitas Flores
  • Ainun Jariyah Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2689

Abstract

Penenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Group Investigation efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 1 Bajawa Utara. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian one-group pre test post test design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bajawa Utara yang berjumlah 28 orang yang diperoleh dengan teknik Simple Random Samping dan dilihat dari tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu, dengan taraf kesalahan 5%. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa nilai keterampilan proses sains siswa materi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Analisis data dilakukan dengan paired sample t-test. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation efektif terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 1 Bajawa Utara. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil analisis keterampilan proses sains yang diperoleh dari lembar observasi sebesar 81,96 dan rata-rata hasil analisis data pos test sebesar 82,35. Dibuktikan dengan uji hipotesis menggunakan paired sample t-test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Keywords:

Group Investigation, Keterampilan Proses, Sains

References

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105-114.

Dhina, M. A., & Mubaroq, S. R. (2012). Efektifitas Model Pembelajaran Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. J. Pendidik. Fis., 5, (1), 37-55.

Hidayatullah, M.S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 93-102.

Kartikawati, E., Ningsih, A., & Akbar, B. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Basicedu, 4(3), 565-570.

Khoirunisyah, S., Purwanti, E., & Yanuarita, P. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar , 7 (1), 73-80.

lidi, M. W., Mbia Wae, V. P. S. ., & Umbu Kaleka, M. B. (2022). IMPLEMENTASI ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR DI KABUPATEN ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 206-216. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2218

Mayun, I. D. A. A. I., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan Setting Group Investigation Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1-11.

Nurdyansyah, N., Amalia F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1-8.

Solihah, R., Purwoko, A. A., & Gunawan, E. R. (2016). Penerapan pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan keterampilan proses sains ditinjau dari intelligence quotient siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 1-11.

Suwarno, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Dengan Media Online Edmodo Dapat Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dalam Pelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 145-163.

Ulfah, A., Sahputra, R., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10), 1-11.

Ulmiah, N., Andriani, N., & Fathurohman, A. (2016). Studi Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di Sma Negeri 11 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 52-60.

Usmut, A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Sikap Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(2), 103-111.

Wahyuni, N. L., Wibawa, I. M., & Renda, N. T. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantuan asesmen kinerja terhadap keterampilan proses sains. International Journal of Elementary Education, 2(3), 202-210.

Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 118-129.

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247-254.

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Wabbed Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19-26.

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Misa, S. F., Lidi, M. W., & Jariyah, A. (2023). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMPN 1 BAJAWA UTARA. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 54-61. https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2689